Gelar Program UIN Walisongo Semarang Goes to School, UIN Walisongo Kunjungi SMA N 1 Purwodadi

UIN Walisongo Online, Purwodadi – UIN Walisongo Semarang Goes to School’ kali ini mengunjungi SMA N 1 Purwodadi pada Selasa (31/07/2024), bertempat di aula Ki Hajar Dewantara. Tim Unit Admisi sebagai penggerak menggandeng Humas, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan Walisongo Campus Ambassador (WCA) menyelenggarakan kegiatan tersebut secara kolaboratif.

“Program UIN Walisongo Goes to School memberikan fasilitas kepada siswa-siswi kelas XII SMA untuk mengenal lebih dekat UIN Walisongo Semarang sekaligus memberikan motivasi kepada mereka untuk segera mempersiapkan diri untuk lanjut studi setelah lulus SMA nanti,” Ujar Sayyidatul Fadlilah, M.Pd, Kepala Unit Admisi.

Tanggapan positif dilontarkan Dra. Ambar Susilowati, M.Pd. selaku Waka Kurikulum SMAN 1 Purwodadi. Dihadapan 360 siswa, ia menyambut baik program UIN Walisongo Goes to School dan berharap kerjasama berikutnya akan meluas, termasuk pelaksanaan kegiatan PLP oleh FITK dan FST, serta kerjasama dengan fakultas-fakultas lain UIN Walisongo Semarang.

Sementara itu, Denny Rachmadi, S.Pd., M.Pd., M.Kom, Kepala sekolah SMA N 1 Purwodadi, mengungkapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada UIN Walisongo Semarang yang telah hadir dan memberikan kontribusi bagi putra-putri terbaik SMAN 1 Purwodadi untuk bangkit mempersiapkan diri secara dini untuk studi lanjut setelah mereka lulus SMA. Dari adanya kegiatan ini, pun semakin membuka kesempatan luas kerja sama kedua belah pihak. Diharapkan lebih dari 75% alumni SMAN 1 Purwodadi nantinya akan melanjutkan kuliah di program studi impian mereka. UIN Walisongo Semarang termasuk sebagai salah satu perguruan tinggi yang direkomendasikan sebagai pilihan karena biaya kuliah yang murah namun dengan kualitas dan fasilitas yang sangat memadai. Terlebih, UIN Walisongo Semarang telah memiliki program studi umum dan telah dalam proses pengajuan ijin Fakultas Kedokteran.

“UIN Walisongo adalah Universitas Islam Negeri, meski kami berbasis keIslaman namun kami juga memiliki banyak program studi (Prodi) umum seperti gizi, psikologi, sosiologi dan lain-lain” ujar Widi Cahya Adi M.Pd. saat membuka sosialisasi. Dr. Muhammad Nafi Annury, M.Pd. melaporkan bahwa acara ini dilaksanakan sebagai agenda pengenalan kampus UIN Walisongo Semarang dalam rangka memberikan motivasi lanjut studi dan menjadikan UIN Walisongo masuk dalam daftar kampus pilihan mereka dimasa akan datang. Nafi juga memberikan penjelasan berbagai beasiswa yang tersedia di UIN Walisongo Semarang, diantaranya: beasiswa KIP, Baznas, BRI, Tahfidz, dll.

Dr. Tholkhatul Khoir, M.Ag., Wakil Dekan 1 Fisip, menggunakan cara unik dengan Game Kahoot ‘Kuis Sosiologi dan Ilmu Politik’ saat memperkenalkan Program Studi Ilmu Politik dan Program Studi Sosiologi di FISIP yang telah terakreditasi unggul. Tholkhah menegaskan bahwa kedua program studi ini memiliki kurikulum yang komprehensif dan inovatif untuk menghasilkan lulusan yang siap bersaing di era global, unggul dan berwawasan luas.

Wakil Dekan 3 FPK, Prof. Dr. Ikhrom, M.Ag., menyatakan bahwa data menunjukkan, dua prodi FPK, yakni Psikologi dan Gizi menjadi prodi yang paling banyak diminati masyarakat saat ini dan mendatang.

Sementara itu, WD 1 FEBI, Dr. Muchamad Fauzi, S.E., M.M., memperkenalkan 4 Prodi di FEBI, yaitu: S1 Ekonomi Islam, S1 Perbankan Syariah, S1 Akuntansi Syariah, dan S1 Manajemen. Seluruh prodi tersebut membekali mahasiswa melalui uji kompetensi sehingga memiliki sertifikasi kompetensi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Pengembangan skill mahasiswa difasilitasi dengan tersedianya Lab pasar modal/ galeri investasi, Lab computer, Lab tax center, Lab Test Center, Lab Mini Bank, Lab Manajemen Zakat, dan Lab Entrepreneur.

Prof. Dr. Mahfud Junaedi, M.Ag., WD 1 FITK, memperkenalkan FITK yang fokus mencetak calon guru professional. Beliau menyampaikan bahwa prodi-prodi di FITK sangat diminati masyarakat, terlebih Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Islam Anak Usia Dini. FITK juga merupakan LPTK yang mengelola Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Menurut Dr. Hamdan Hadi Kusuma, S.Pd., M.Sc., Siswa SMAN 1 Purwodadi memiliki motivasi yang tinggi untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan, meski begitu awalnya mereka belum banyak tahu jika UIN Walisongo Semarang memiliki prodi-prodi umum sebagaimana yang tersedia di prodi FST yaitu Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Fisika, Matematika, Biologi, Kimia, Teknik Lingkungan dan Teknologi Informasi, serta masih terdapat banyak prodi lain dari fakultas lain di UIN Walisongo Semarang. Kegiatan UIN Walisongo Goes to School memiliki arti penting bagi UIN Walisongo menginformasikan keberadaan dan eksistensi UIN Walisongo yang mengusung visi kesatuan ilmu untuk peradaban dan kemanusian serta memberikan semangat dan spirit para siswa SMA untuk bisa serius bertekad untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Para siswa kelas XII SMA 1 Purwodadi berharap UIN Walisongo dapat terus melanjutkan program UIN Walsiongo Goes to Campus dan menambah program studi terapan, termasuk prodi bidang Kesehatan untuk semakin menambah ketertarikan siswa kelas XII SMA manapun terhadap UIN Walisongo sebagai pilihan studi lanjut mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *