Eny Yaqut Resmikan DWP Mart UIN Walisongo, Wujud Nyata Pemberdayaan Ekonomi

UIN Walisongo Online, Semarang- Dewan Penasehat Dharma Wanita Kementerian Agama RI, Hj.Eny Retno Yaqut Cholil Qoumas berkunjung ke UIN Walisongo Semarang pada Jumat (2/8/2024). Kunjungan dilakukan dalam rangka pembinaan DWP UIN Walisongo serta meresmikan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Mart dan Kantin DWP UIN Walisongo di Ma’had UIN Walisongo.

Peresmian DWP Mart di dampingi oleh Ketua DWP UIN Walisongo, Farikhah Nizar beserta pengurus DWP UIN Walisongo dan perwakilan dari DWP Kanwil Jawa Tengah dan DWP Kanwil DIY.


DWP Mart Planetarium yang merupakan pusat perbelanjaan yang ada di dalam Planetarium UIN dan Observatorium KH. Zubair Umar Al Jailani UIN Walisongo.

Eny Retno Yaqut meresmikan DWP Mart yang ada di dua lokasi yaitu di Planetarium UIN Walisongo dan DWP Mart di Mahad Al Jami’ah UIN Walisongo. Dalam persemiannya Eny Retno Yaqut menyampaikan apresiasinya atas terbentuknya DWP Mart.

“DWP Mart Planetarium merupakan salah satu bukti nyata kebermanfaatan dari organisasi Dharma Wanita Persatuan ini. Saya berharap semoga kita semua bisa bisa memanfaatkan DWP Mart, salah satunya melayani kebutuhan para pengunjung planetarium. Semoga DWP Mart ini sukses, lancar,berkah dan laris manis,” ungkapnya.

Ketua DWP UIN Walisongo, Farikhah Nizar menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Ibu Eny Yaqut yang meluangkan waktunya ditengah kesibukannya, serta terima kasih kepada seluruh Ibu DWP dilingkungan UIN Walisongo yang mempersiapkan acara dengan baik. Serta berkembang bersama, salah satunya adalah terwujudnya “DWP Mart dan Kantin DWP”.

“DWP Mart dan Kantin DWP adalah bentuk dari penguatan dibidang ekonomi oleh DWP UIN Walisongo. Keduanya merupakan wujud dari pemberdayaan ekonomi untuk anggota DWP. Ketika bidang ekonomi maju maka bisa dirasakan oleh pengurus dan anggotanya. Selain itu harapannya DWP Mart bisa memenuhi kebutuhan para pengunjung Planetarium UIN Walisongo serta kebutuhan santri di Ma’had UIN Walisongo,” ungkapnya.

Sebelumnya kegiatan DWP UIN Walisongo dibidang sosial adalah memberikan santunan kepada anak yatim di Kampung Nelayan dan program rutinan jum’at berkah. Sebelumnya, Farikhah Nizar sukses mengelola bidang ekonomi di DWP Pusat Kementerian Agama.

Setelah meresmikan DWP Mart Planetarium, Eny Yaqut menyaksikan pemutaran film dokumenter astronomi, serta simulasi fenomena alam di ruangan berbentuk kubah besar di planetarium UIN Walisongo yang merupakan planetarium terbesar ketiga di dunia tingkat universitas.


“Luar biasa planetarium UIN Walisongo, saya diajak melakukan perjalanan imajiner ke luar angkasa dan bahkan ke luar galaksi kita. Bagian atas planetarium yang tampak seperti kubah, membawa pengunjung dapat merasakan seolah mereka ada di luar angkasa. Pengunjung akan bisa mengamati planet, bintang, matahari bahkan galaksi tetangga. Saya sangat antusias mengundang semua orang untuk datang dan menyaksikan sendiri pengalaman luar biasa di Planetarium dan Observatorium KH Zubair Umar Al-Jailani,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *