Percepatan Transformasi Digital, UIN Walisongo Jalin Kerjasama dengan Ruijie Networks

UIN Walisongo Online, Semarang – UIN Walisongo Semarang dan Ruijie Network, Republik Rakyat Tiongkok menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam kerjasama di bidang pengembangan infrastuktur Information Technology (IT), Jumat (2/08/2024).

Kebutuhan akses internet yang handal dan infastruktur IT menjadi salah satu faktor penting percepatan UIN Walisongo menuju smart and green campus sesuai dengan tagline universitas. Keberadaan IT yang handal akan bermanfaat untuk keperluan perkuliahan dan pengelolaan administratif seperti data mahasiswa, dosen, keuangan dan akademik.

Rujie Networks telah berpengalaman dalam mendukung pengembangan IT universitas. Di Indonesia, beberapa kampus seperti Universitas Airlangga, Universitas Telkom, Institut Teknologi Bandung, Universitas Negeri Surabaya dan beberapa universitas lain mendapatkan dukungan dari Ruijie Networks. Selain itu, kampus mancanegara seperti University of Malaya dan Universiti Putra Malaysia telah menjalin Kerjasama dengan Ruijie Networks.

Rujie Networks mengintegrasikan teknologi dan aplikasi baru dalam mengembangkan infrastruktur kampus pintar (smart campus) dan memberikan pengalaman baru dalam informasi Pendidikan dengan konsep pembangunan infrastruktur jaringan berkualitas tinggi, mempromosikan pengembangan jaringan kampus cerdas global yang hijau dan berkelanjutan dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan.

Professor Nizar, M.Ag, Rektor UIN Walisongo menyambut baik kerjasama ini khususnya dalam peningkatan pengembangan IT di UIN Walisongo.
“Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, merupakan langkah penting dalam mengembangkan kolaborasi bidang IT dan sinergi antara kedua institusi. Saya yakin bahwa kerjasama ini akan memberikan manfaat besar bagi stakeholder secara keseluruhan. Oleh karena itu, kami akan membentuk tim kolaboratif antara dua belah pihak untuk mengidentifikasi peluang kerjasama antar dua institusi dan peluang kolaboratif lainnya seperti magang industri di Ruijie Networks bagi mahasiswa kami,” papar Nizar, Rektor UIN Walisongo Semarang.

Ruang Lingkup Nota Kesepahaman yang akan dilaksanakan meliputi kerja sama pengembangan master plan IT universitas dan kerjasama lainnya bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan sumber daya manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *