UIN Walisongo Gelar Sosialisasi Beasiswa Chevening British Embassy 

UIN Walisongo Online, Semarang – International Office Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo bekerja sama dengan Kedutaan Besar Britania Raya di Indonesia menyelenggarakan sosialisasi beasiswa Chevening yang diselenggarakan Kamis (22/08/2024) di Ruang Teater Lantai 4 Gedung Kyai Sholeh Darat, UIN Walisongo.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor I UIN Walisongo, Ketua International Office UIN Walisongo, mahasiswa, alumni, dan juga dosen UIN Walisongo.

Chevening yang sudah memberikan beasiswa sejak tahun 1983 dan mempunyai jaringan alumni sebanyak 57.000 di berbagai dunia ini, sedang membuka kesempatan pelamar untuk mengajukan aplikasi beasiswa sejak tanggal 6 Agustus-5 November 2024. Pihak British Embassy mengharapkan banyak alumni S1 UIN Walisongo yang akan mendaftar beasiswa Chevening dan menjadi bagian dari jaringan alumni beasiswa Chevening seperti Ahmad Fuadi, Tito Karnavian, Raja Juli Antoni dan lainnya.

Kegiatan dibuka oleh Prof. Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M.Ag. selaku Wakil Rektor I UIN Walisongo. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa, “Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk masa depan, salah satunya dengan menempuh studi lanjut. Butuh persiapan untuk memanfaatkan peluang tersebut dari jauh-jauh hari.”

Sebagai narasumber, Melisa Kusuma, selaku Regional Outreach Manager for Central Java and Yogyakarta dari Kedubes Britania Raya di Jakarta menjelaskan tentang program beasiswa Chevening. Chevening adalah beasiswa penuh yang dibiayai oleh Pemerintah Inggris. Ada beragam kandidat yang diterima di beasiswa ini, tanpa memandang status. Alumni beasiswa ini sebanyaknya 57.000 orang di berbagai belahan dunia.

Tahun ini Chevening memberikan kuota khusus untuk warga negara ASEAN. Akan ada program khusus bagi para awardee dari ASEAN. Selain itu, ada Chevening Fellowship bagi lulusan S2, sebagai peluang untuk mengikuti penelitian di Oxford Library.

Acara sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada mahasiswa dan calon pendaftar tentang program beasiswa prestisius Chevening. Pendaftaran Beasiswa Chevening untuk tahun akademik 2025-2026 yang disponsori penuh oleh pemerintah Inggris telah dibuka, untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website beasiswa Chevening https://www.chevening.org/scholarship/indonesia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *