Bedah Jurnal; Bimas Islam Kemenag RI Gandeng Fakultas Syariah & Hukum UIN Walisongo

WD III FSH Ahmad Izzuddin saat beri materi Bedah Jurnal Bimas Islam

UIN Walisongo Online; Semarang- Sabtu, 12 Oktober 2019 Bimas Islam Kementerian Agama Islam menggelar Bedah Jurnal bekerjasama dengan Fakultas Syariah & Hukum UIN Walisongo dengan mengusung tema sentral “Empowering Moderasi Beragama Melalui Filantropi Islam.” Acara ini dimulai pada pukul 08:00 WIB, bertempat di Aula 1 Lantai 2 Kampus 1 UIN Walisongo. Panitia menargetkan 150 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan Kanwil Kemenag Jawa Tengah.

Acara dimulai dengan pembacaan surat Al-Fatihah, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alqur’an oleh Ach. Shofiyuddin Ahfas dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan dipandu oleh Indah Ayu Sari, SH, keduanya merupakan Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum. Acara selanjutnya, Sambutan dari Dekan Fakultas Syariah & Hukum (FSH) yang disampaikan oleh Dr. H. Mohamad Arja Imroni, M.Ag. Dalam sambutannya, Arja menyampaikan terimakasih kepada Bimas Islam atas kerjasama dalam acara tersebut. Dekan FSH tersebut juga mengomentari terkait tema sentral yang diusung. Menurut Arja, tema dalam acara ini sangat sesuai dengan keadaan yang sedang terjadi pada saat sekarang ini.

Sambutan kedua disampaikan oleh Lukman AS selaku Kasubdit Dakwah dan Hari Besar Islam. Lukman menjelaskan sejarah dan perkembangan jurnal Bimas Islam yang sudah terbit sejak tahun 2017. Sambutan ketiga disampaikan oleh Dr. Juraidi selaku Direktur Penerangan Agama Islam (Penais) sekaligus membuka acara Bedah Jurnal Bimas Islam. Juraidi dalam sambutannya menyampaikan tentang Dakwah bil Qolam dan Moderasi Islam. Acara opening ceremony ditutup dengan do’a oleh Dr. H. Ali Imron, M.Ag.

Acara bedah jurnal dipandu oleh H. Tolkah, MA. sebagai moderator. Bimas Islam menghadirkan dua pembicara pada acara ini, yaitu Dr. H. Ahmad Izzuddin, M.Ag. Wakil Dekan III FSH UIN Walisongo dan H. Ridwan Murtadlo, MSI. salah satu penulis di jurnal Bimas Islam. Ahmad Izzuddin menyampaikan tentang tema sentral yang diusung. Adapun Ridwan mengulas penelitiannya yang dimuat di jurnal Bimas Islam tersebut terkait Upaya Baznas Jepara dalam Menanamkan Kesalihan Sosial Pelajar Malalui Pekan Peduli Sosial. Acara diparipurnai dengan pembagian kenang-kenangan dari jurnal Bimas Islam kepada peserta yang aktif dalam acara tersebut. Seluruh kenang-kenangan diborong oleh mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X