Disertasi berjudul “Pergeseran Tanggung Jawab Nafkah Suami Terhadap Istri dalam Pesrspektif Hukum Islam” Hantarkan Lutfiah Raih Gelar Doktor

UIN Walisongo Online, Semarang – Di tengah pandemi dan pemberlakuan new normal, Pascasarjana UIN Walisongo kembali gelar ujian dan sidang terbuka promosi doktor.  Sidang terbuka dalam meraih gelar doktor ini tetap dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

Lutfiah laksanakan ujian doktornya secara terbuka di Aula gedung Kopertais Lantai 3 Kampus 1 UIN Walisongo Semarang. beliau resmi menyandang gelar doktor Studi Islam usai memaparkan disertasinya pada Selasa (20/10/2020).

 

Lutfiah secara jelas paparkan disertasinya yang berjudul “Pergeseran Tanggung Jawab Nafkah Suami Terhadap Istri dalam Pesrspektif Hukum Islam (Studi Kritis Pekerjaan Migran Perempuan Di Kabupaten Kendal)”.

 

Dalam paparannya lutfiah menyampaikan bahwa hasil studi yang ia lakukan menghasilkan tiga hal yaitu (1) perubahan hak dan kewajiban suami dan istri menciptakan nilai tawazun antara suami dan istri karena kemampuan istri mencari nafkah, (2) persepsi pekerja migran perempuan dalam memahami nafkah adalah adaptif-negosiatif yaitu pola piker masyarakat yang mampu menyesuaikan keadaan keluarga dengan membuat kesepakatan bersama, (3) Pergeseran tanggung jawab suami kepada istri menggunakan logika maslahah dengan melihat standar tingkat tujuan (buruk, netral atau baik).

 

“Temuan saya dalam studi ini yaitu adanya perubahan hak dan kewajiban nafkah dalam keluarga pekerja migran adalah sebuah keniscayaan, kemudian Persepsi pemahaman pekerja migran perempuan terhadap hak dan kewajiban nafkah dilakukan dengan asas harmoni, terakhir fenomena tersebut sudah terakomodir oleh pemerintah dengan memperhatikan kebudayaan local yang berlaku” terang Lutfiah

 

Lutfiah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, menurutnya gelar ini adalah sebuah anugerah yang wajib untuk disyukuri.

 

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung, memotivasi dan mendoakan saya sehingga gelar doktor ini dapat saya raih. Gelar ini adalah bentuk anugerah yang wajib disyukuri. Ilmu yang diraih ini semata didapatkan dari Allah, dan semoga bermanfaat bagi semua pihak” ungkap lutfiah setelah ujian promosi terbuka. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X