3 Jurnal di FSH UIN Walisongo Siap Akreditasi di Awal 2021

UIN Walisongo Online, Semarang – Awal tahun 2021 menjadi semangat baru untuk tim jurnal Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), UIN Walisongo Semarang. Tiga jurnal yang ada di FSH yakni Jurnal Al-Ahkam, Jurnal Walisongo Law Review (Walrev), dan Jurnal Al-Hilal menggelar rapat koordinasi pada Selasa, 2 Februari 2021.

Bertempat di ruang laboratorium hukum FSH, Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Dekan FSH Dr M Arja Imroni, M.Ag, para Wakil Dekan serta perwakilan dari masing-masing jurnal. Hadir dalam rapat tersebut juga Nasrul Fahmi, Ketua Rumah Jurnal Walisongo.

Sorotan utama pada rapat koordinasi tersebut adalah semangat dan optimisme untuk mengembangkan keilmuan dan penulisan karya ilmiah yang dipayungi oleh jurnal-jurnal yang ada di FSH. Pencapaiannya adalah agar jurnal-jurnal yang ada di FSH bisa termasuk dalam jurnal internasional bereputasi atau dengan tambahan kriteria yaitu terindeks oleh pangkalan data internasional bereputasi (scopus, web of science).

Tentu hal tersebut bukanlah hal yang mudah jika tidak didukung dengan beberapa faktor, faktor terbesar adalah motivasi dan sumber daya manusia yang mendukung.
Salah satu target tahun 2021 adalah akreditasi ketiga jurnal. Jurnal Al-Ahkam yang sudah terakreditasi Sinta 2 akan mengajukan akreditasi maksimal pada bulan Oktober, harapannya jurnal Al-Ahkam bisa naik jadi Sinta I atau minimal bertahan di Sinta 2. Sedangkan Jurnal Walrev dan Al-Hilal akan mengajukan akreditasi perdana tahun ini.

“Tahun 2021 ini kita bersiap untuk akreditasi. Semoga jurnal Al-Ahkam yang sekarag Sinta 2 dapat naik ke Sinta I atau scopus, sedangkan Walrev dan Al-Hilal bisa minimal Sinta 4,” tutur Dekan FSH M Arja Imroni.
Selain memberikan arahan tentang akreditasi, Dekan menekankan bahwa perlu kolaborasi yang baik antardosen dalam hal penulisan karya ilmiah, karena semakin banyak karya ilmiah yang dihasilkan tentu akan berdampak baik pada FSH. Hal ini karena berpengaruh pada capaian IKU FSH dan akreditasi jurusan-jurusan di FSH.

Wakil Dekan I Dr. H. Ali Imron, S.H., M.Ag., menjelaskan bahwa akreditasi jurnal Al-Ahkam bisa dilakukan pada bulan Oktober 2021.
“Perlunya manajemen pengelolaan jurnal yang baik agar target utama untuk meloloskan jurnal-jurnal yang ada di FSH agar dapat memperoleh predikat jurnal nasional dan internasional bereputasi dalam waktu dekat, kami selaku pimpinan fakultas siap mensuport,” tambah alumnus PDIH Undip ini.
Rapat Koordinasi berakhir pukul 13.00 dengan menghasilkan Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari masing-masing jurnal. (Humas FSH/Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *