Mahasiwa Akuntansi Syariah UIN Walisongo Lolos Seleksi PMMB BUMN Batch 5 Tahun 2021

UIN Walisongo Online, Semarang – Tahun 2021 BUMN membuka Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) bagi Universitas seluruh Indonesia. Maksud adanya PMMB yaitu untuk menjawab tantangan SDM BUMN dimasa yang akan datang. Menciptakan SDM unggul dengan kompetensi yang mumpuni dan berdaya saing global melalui pemagangan. PMMB ini juga memiliki tujuan yaitu menghadirkan sinergi melalui BUMN hadir untuk negeri.

Beberapa tahapan seleksi dalam PMMB BUMN yaitu berkas administrasi dan interview. Berkas administrasi diseleksi oleh kampus dan berkas yang lolos dari kampus langsung diserahkan oleh FHCI (Forum Human Capital Indonesia) BUMN. Setelah berkas diseleksi oleh FHCI maka akan ada seleksi wawancara dari BUMN.

Pada tanggal 5 Maret 2021 diumumkan ada 2 mahasiswa UIN Walisongo yang lolos seleksi berkas yaitu 1 mahasiswa dari jurusan Akuntansi Syariah dan 1 mahasiswa dari jurusan Ilmu Hukum.

Pada tanggal 9 Maret 2021 dari pihak BUMN PT Perkebunan Nusantara IX mengadakan seleksi wawancara via zoom yang diikuti 19 mahasiswa dari berbagai Universitas. Pada tanggal 10 Maret 2021, diumumkan ada 5 mahasiswa dari berbagai universitas yang lolos seleksi wawancara yaitu Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Universitas Islam Sultan Agung dan Universitas Stikubank. UIN Walisongo Semarang diwakili oleh Nining Sulistyowati mahasiswi dari jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Mahasiswa yang lolos berkas dan wawancara ditempatkan di PTPN IX Semarang selama 6 bulan. Fasilitas yang didapatkan mahasiswa saat magang yaitu makan siang dan uang saku. Peserta magang mulai magang pada hari Senin 15 Maret 2021.

Johan Arifin, MM selaku Direktur Walisongo Career Centre (WCC) mengapresiasi lulusnya mahasiswi UIN Walisongo dari prodi akuntansi FEBI.

“Proses yg panjang telah dilalui mulai proses seleksi administrasi, macth up kesesuaian kompetensi sampai ketersediaan magang BUMN dan interview. PMMB BUMN bersertifikasi batch 5 2021. ini mudah mudahan menjadi starting point mahasiswa untuk memasuki dunia kerja. dan mudah mudahan periode batch selanjutnya akan lebih banyak lagi perwakilan dari UIN Walisongo”, ungkap beliau.

Dr. Muhammad Saifullah, M.Ag selaku Dekan Fakultas mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memfasilitasi dan memberi kesempatan bagi mahasiswa akuntansi sebagai satu satunya peserta yang lolos dalam PMMB BUMN Batch 5 Tahun 2021
di PT Perkebunan Nusantara IX.

“Semoga program magang ini merupakan awal yang baik bagi kiprah alumni bagi dunia Industri”, pesan beliau. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X