Teladani Spirit Moderasi Para Wali dan Masyayikh di Tanah Kudus, UIN Walisongo Laksakan Ziarah

UIN Walisongo Online; Kudus – Dalam rangka menyambut Dies Natalies UIN Walisongo Semarang ke 51, Rombongan AAKK melaksanakan ziarah para Wali dan Masyayikh di tanah Kudus, Jum’at (19/3). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian roadshow Ziarah 51 Wali dan Masyayikh yang diadakan oleh UIN Walisongo Semarang. Rombongan ini di pimpin oleh kepala biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama (AAKK) Drs H Adnan M.Ag dengan protokol Kesehatan yang ketat.

Adnan mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana untuk mempertajam spiritualitas civitas akademika UIN Walisongo dalam meneladani perjuangan para Wali dan Masyayikh dalam menyebarkan agama islam di tanah kudus dengan cara santun dan moderat.

“Kegiatan ini mengingatkan kita tentang bagaimana cara para Aulia mengenalkan agama islam di tanah kudus dengan cara yang santun, salah satunya dengan asilimilasi budaya. Menara ini (Masjid Menara Kudus, red) merupakan bukti spirit moderasi para Wali dan Masyayikh yang patut kita teladani”, ujar beliau.

Senada dengan hal tersebut, Salah satu rombongan, Dr H Wahab MM, Dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk rasa terima kasih kepada para wali yang memberikan inspirasi kepada institusi UIN Walisongo Semarang.

“Nama institusi kita diambil dari nama Walisongo, sudah sepatutnya kita selalu mengirim doa dan berziarah ke makam Walisongo”, ucap pria yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Pusat Bisni UIN Walisongo ini.

“Semoga Spirit Perjuangan Para Wali menjiwai spirit kita dalam melaksanakan perjuangan dibidang Pendidikan”, pangkasnya.

Kedatangan rombongan juga disambut oleh ketua yayasan pemangku wali Sunan Kudus, KH Najib Hasan, yang juga menjadi ketua yayasan makam-makam wali di Seluruh Indonesia. Beliau berharap, UIN Walisongo bisa merangkul Yayasan makam para wali terutama dalam melaksanakan penelitian bidang kajian, dzikir, tembang, dan komitmen, ataupun arkeologis tentang Walisongo.

“Saya berharap kita (para pengurus makam wali, red) bisa bersinergi dengan UIN Walisongo dalam me-nguri-nguri sejarah, pergerakan dan warisan Walisongo”, timpal beliau.

Tujuan Ziarah rombongan ini adalah Makam Sunan Kudus, Makam Sunan Muria, Makam Kyai Telingsing, Makam KH R Asnawi, Makam Kyai Sanusi, dan Makam Kyai Yasin. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *