Di Jombang, UIN Walisongo Ziarah ke Makam Para Pendiri Nahdlatul Ulama

UIN Walisongo Online, Jombang – UIN Walisongo Semarang berziarah ke sejumlah makam masyayikh yang disemayamkan di Jombang dalam rangka peringatan Dies Natalis ke 51.

Pada Minggu (21/3/2021), rombongan yang dipimpin langsung oleh Rektor Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag berziarah ke makam leluhur pendiri dan penggerak Nadhdlatul Ulama di Jombang, Jawa Timur.

Ikut serta dalam rombongan ini, Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur Dr. H. Ahmad Zayadi dan rombongan. Zayadi juga tercatat sebagai alumni Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo (Kini UIN) angkatan 1988.

Tempat jujukan pertama adalah di makam pendiri NU KH Abdul Wahab Chasbullah. Makam Kiai Wahab yang telah dinobatkan sebagai pahlawan Nasional terletak di Tambakberas, Jombang.

Di lokasi ini bertindak sebagai pemimpin tahlil adalah H Muhammad Syuaib, Kepala MTS Negeri 3 Jombang Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas. Sementara doa dipimpin oleh Kakanwil Kemenag Jawa Timur Ahmad Zayadi dan Rektor UIN Walisongo Imam Taufiq.

Setelah berziarah, rombongan kemudian melanjutkan ziarah ke makam pendiri dan tokoh NU KH Bisri Syansuri. Makam Kiai Bisri terletak di kompleks Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, Jombang.

Bertindak sebagai pemimpin tahlil adalah Cicit Kiai Bisri, Gus Ainur Rosyid yang dikenal panggilan Gus Iid. Sementara doa dipimpin oleh Gus M Jauharul Afif. Setelah berziarah, Rektor UIN bersilaturrahmi ke kediaman pengasuh KH Imam Haromain dan Gus Salam.

Setelah itu, rombongan bertolak ke makam para pendiri dan maha guru NU, KH Hasyim Asyari. Di komplek makam Tebu Ireng ini juga disemayamkan KH Wahid Hasyim dan Presiden RI ke 4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Di tempat ini, rombongan juga membaca tahlil dan doa.

Sebelum ke Jombang, rombongan dari UIN Walisongo pada hari sebelumnya berziarah ke makam Sunan Ampel di Surabaya dan KH Cholil di Bangkalan, Madura. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X