Prodi Sosiologi FISIP Gelar Sosialisasi KKL Skema Khusus di Tengah Pandemi Covid-19

UIN Walisongo Online; Semarang – Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Walisongo mengadakan acara sosialisasi kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dengan skema khusus secara virtual (25/3/2021). Kegiatan KKL di tahun 2021 ini berbeda dengan KKL tahun lalu, yakni menggunakan model “Webinar series” dengan para pakar. Sosialisasi ini dihadiri langsung pimpinan fakultas, panitia, dan para mahasiswa (157) peserta KKL Prodi Sosiologi angkatan 2018 secara virtual.

Dr. Hj. Misbah Zulfa Elizabeth, M.Hum selaku Dekan FISIP membuka langsung acara sosialisasi KKL Skema Khusus Prodi Sosiologi. Melihat data penyebaran Covid-19 di sejumlah daerah termasuk di Provinsi Jawa Tengah yang belum ada tanda-tanda penurunan, harus kita waspadai dan diantisipasi agar tidak menimbulkan dampak yang semakin meluas, meskipun di tahun 2021 ini sebagian dari kita sudah dapat vaksinasi dari pemerintah.

“Kegiatan KKL Prodi Sosiologi tahun 2021 ini harus merubah desain kegiatannya yakni dengan webinar series. Meskipun pelaksanaannya tidak seperti biasanya, substansi dari KKL skema khusus dengan model ini masih dapat dipahami dan bahkan mahasiswa akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan lebih dari pemateri,” tambah Misbah.

Dr. Ahwan Fanani, M.Ag selaku Wakil Dekan 1 FISIP menyampaikan pentingnya melakukan KKL ini meskipun dilakukan disaat-saat pandemi Covid-19. Karena program kegiatan KKL ini bagian dari salah satu agenda akademik yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa pada semua program studi di FISIP UIN Walisongo, sebagai persyaratan untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada semester berikutnya.

“Masa pandemi Covid-19 ini memaksa kita untuk meredesain semua kegiatan akademik maupun non akademik, diantaranya kegiatan KKL ini, kita buat skema khusus dengan model webinar series secara virtual,” ungkap Ahwan.

Sambutan dari Ketua Program Studi Sosiologi, Dr. H. Moch. Parmudi, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan KKL ini bagian dari bentuk baru di lingkungan UIN Walisongo. Jadi mahasiswa Sosiologi angkatan 2018 tidak perlu khawatir dengan autput dari kegiatan KKL skema khusus ini.

“KKL skema khusus dengan model webinar series ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, memperluas wawasan, dan memberikan peluang bagi mahasiswa untuk menjalin konektivitas dengan para ahli di bidang keilmuan sosiologi,” ujar Parmudi.

Endang Supriadi, M.A. selaku ketua panitia KKL skema khusus Prodi Sosiologi tahun 2021. Kegiatan KKL skema khusus Prodi Sosiologi mengusung 5 tema diantaranya: Agama di masa pandemi Covid-19; Masyarakat kota pesisir; Pengorganisasian masyarakat; Ekonomi industri dan lingkungan; dan Media di tengah masa pandemi Covid-19. Kelima tema tersebut akan diisi oleh pemateri yang sesuai dengan ahlinya dari kalangan akademisi dan praktisi. Dan tentunya kelima tema tersebut diperuntukkan untuk keluasan pengetahuan mahasiswa dalam melihat fenomena di masyarakat disaat sedang mengalami situasi pandemi Covid-19.

“Akademisi perlu juga memberikan kontribusi dalam bentuk wacana, aksi, dan solusi untuk mengatasi serta mengurangi penyebaran virus corona yang sampai saat ini masih menyelimuti kehidupan manusia,” ungkap Endang.

Acara sosialisasi KKL skema khusus Prodi Sosiologi ini diakhir dengan tanya jawab terkait dengan proses KKL di masa pandemi Covid-19 yang dikemas dengan webinar series. (TIM HUMAS/FISIP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X