Dekan FITK Lantik Pengurus Senat Mahasiswa

UIN Walisongo Online, Semarang – Pada hari Kamis 25 Maret 2021, bertempat di lantai 3 aula FITK UIN Walisongo Semarang dilakukan pelantikan pengurus Senat Mahasiswa (SEMA) FITK periode 2021. Acara Pelantikan yang dilanjutkan dengan rapat kerja SEMA FITK ini mengusung tema “Rekonstruksi Fungsi Lembaga Legislatif Sebagai Mandat Perjuangan Mahasiswa”.

Acara ini diikuti oleh 20 orang pengurus SEMA FITK periode 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pelantikan dilakukan oleh Dekan FITK yang diwakili oleh Prof. Dr. H. Muslih, M.A. selaku Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan III FITK tersebut mengharapkan agar SEMA FITK mampu mengembalikan fungsi lembaga legislatif sebagai mandat perjuangan mahasiswa dan selalu menjadi wadah aspirasi mahasiswa di tingkat Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Selain itu, Prof. Dr. H. Muslih, M.A. juga mengingatkan kepada pengurus baru bahwa SEMA harus menjalankan tiga fungsi utama secara baik. Yang pertama fungsi legislasi yang merupakan jantungnya lembaga legislatif, dalam hal ini SEMA memiliki kewenangan untuk membuat peraturan yang akan dipakai oleh mahasiswa dalam melaksanakan kegiatannya.

Dalam menjalankan fungsi legislasi SEMA berperan sebagai lembaga yang menerima aspirasi dari mahasiswa dan melakukan bantuan advokasi bagi mahasiswa. Yang kedua, Fungsi Anggaran yakni fungsi SEMA untuk melakukan pembagian dana. Dana yang berasal dari fakultas atau pihak kampus tersebut dibagikan secara proporsional kepada lembaga pelaksana kegiatan atau sebagai pihak dari senat itu sendiri. Tujuannya adalah untuk mengetahui pembiayaan lembaga pelaksana dalam menyelenggarakan kegiatannya. Yang ketiga, fungsi pengawasan. yakni untuk mengawasi kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga pelaksana kegiatan dan menilai apakah pelaksanaan kegiatan tersebut sudah sesuai atau belum dengan rencana awal dalam program kerja dari lembaga pelaksana kegiatan.

Di akhir sambutannya wakil dekan III juga berpesan agar pengurus SEMA FITK 2021 ini segara melakukan tugasnya karena masa tugas periode ini sudah berkurang 3 bulan karena keterlambatan pergantian dari pengurus sebelumnya disebabkan oleh adanya pandemi covid-19. Juga diingatkan bahwa agar dapat meraih sukses para pengurus SEMA harus menerapkan manajemen waktu yang baik dan disiplin. (FITK/Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *