Pra-Pengabdian, WHPDC FPK UIN Walisongo Gelar Workshop Konseling Gizi secara Daring

UIN Walisongo Online, Semarang- Dalam rangka dies natalis UIN Walisongo ke-51, Walisongo Health Professional Development Center (WHPDC) Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) UIN Walisongo Semarang adakan Workshop Konseling Gizi secara daring.

Workshop tersebut merupakan langkah awal dalam mempersiapkan program pengabdian masyarakat dalam bidang gizi, oleh WHPDC.

Workshop yang berlangsung pada rabu (31/3) ini diikuti mahasiswa Prodi Gizi semester 6 yang bertujuan untuk upgrading keterampilan mahasiswa dalam bidang gizi klinis, termasuk melakukan konseling gizi secara komprehensif dan profesional dengan dukungan tekhnologi mutakhir.

“pengabdian masyarakat oleh WHPDC berupa konseling gizi nantinya dapat dilaksanakan baik secara online maupun offline” Terang Dina Sugiyati Kajur Prodi Gizi FPK UIN Walisongo

Lebih lanjut Dina menjelaskan Workshop Konseling Gizi secara daring ini diikuti Sebanyak 23 mahasiswa dengan mendapatkan materi teknik dan praktik konseling gizi.
“Saya sangat apresisiasi semoga kegiatan ini dapat melatih dan membekali mahasiswa di dunia kerja”, harapnya.

Nikmah Rochmawati selaku Direktur WHPDC FPK UIN Walisongo menyampaikan bahwa Kegiatan ini sama dengan kegiatan magang yang dapat menambah kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi dengan klien dan bermanfaat untuk mahasiswa itu sendiri.

Zana Fitriana Octavia. S.Gz, M.Gizi, salah satu pemateri yang juga merupakan dosen Prodi Gizi UIN Walisongo Semarang, memberikan materi mengenai langkah-langkah konseling, dimulai dari perkenalan, asesmen gizi, diagnosa gizi, intervensi gizi, dan diakhiri dengan terminasi.

Beliau memberikan ketrampilan baru kepada mahasiswa dalam melaksanakan konseling gizi secara online dengan teknik asesmen, diagnosa, dan intervensi secara lebih simple, tetapi tetap akurat dan terukur.
“Konseling gizi di era seperti sekarang harus dapat dilaksanakan secara lebih fleksibel mengikuti kondisi, sehingga teknis konseling harus bisa diaplikasikan secara tatap muka maupun daring”, ujarnya.

Langkah-langkah praktis tentang prosedur konseling gizi online juga dipaparkan oleh Dwi Hartanti, S.Gz, M.Gizi yang juga merupakan koordinator konseling gizi WHPDC. Pada materi ini, dijelaskan cara ahli gizi dalam mengakomodir kegiatan konseling gizi yang dilaksanakan secara online maupun offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *