UIN Walisongo Tegaskan Jadi Kampus Moderasi Beragama

Halaqah Cinta Tanah Air seri ke-4 di UIN Walisongo Semarang, Ahad (4/3/2021)

“Kami gembira atas hadirnya para kiai dan masyayih yang berkiprah di masyarakat. Relasi Pondok Pesantren dan Perguruan Tinggi adalah suatu yang niscaya, apalagi UIN Walisongo, para dosennya banyak lulusan pondok, mahasiswanya juga dari santri dari pondok,” kata Rektor

 

UIN Walisongo Online, Semarang – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Jawa Tengah menjadi tuan rumah dalam pertemuan Forum Cinta Tanah Air seri ke-4. Kegiatan yang dihadiri para tokoh kiai pesantren, akademisi dan umara tersebut digelar di rektorat baru Kampus 3 Lantai 4, Minggu (4/3/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya KH Munif Zuhri, Gus Zaim Maksum, Habib Jafar Al Musawa, Habib Ja’far Al Munawar, dan lainnya. Sementara dari kalangan umara, hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Panglima Kodam IV Mayor Jenderal Rudianto, Kapolda Jawa Tengah.

Pihak akademisi hadir antara lain Rektor UIN Walisongo Prof Imam Taufiq, Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman, Wakil Rektor Undip Prof Budi Setiyono dan lainnya. Hadir juga juru bicara Menteri Kelautan dan Perikanan RI Wahyu Muryadi.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Walisongo Prof Imam Taufiq menyampaikan selamat datang kepada para peserta di gedung baru UIN Walisongo.

Ia menyebut UIN Walisongo telah menegaskan diri sebagai kampus moderasi beragama. UIN Walisongo juga terus berkomitmen untuk terus memberi kontribusi kepada masyarakat.

“Di tengah Dies Natalis yang ke 51, kami gembira atas hadirnya para kiai dan masyayih yang berkiprah di masyarakat. Relasi Pondok Pesantren dan Perguruan Tinggi adalah suatu yang niscaya, apalagi UIN Walisongo, para dosennya banyak lulusan pondok, mahasiswanya juga dari santri dari pondok,” kata Rektor, memberi ucapan selamat datang.

Dalam implementasi moderasi beragama, UIN Walisongo telah mendirikan rumah moderasi beragama. Kampus juga telah mengubah kurikulum dengan menambah satu mata kuliah baru bernama Islam dan Moderasi Beragama (IMB).

Bahkan, mata kuliah tersebut sudah disampaikan di awal perkuliahan tahun 2020.

“Mahasiswa baru kami meski online, tapi sudah diwajibkan mengikuti mata kuliah IMB. Disitu diajarkan bahwa islam itu santun, toleran. Kami juga membuat instrumen mengukur kemoderatan. Semoga ini kompatibel dg produk forum ini,” tambahnya.

Halaqah Cinta Tanah Air seri ke-4 di UIN Walisongo Semarang, Ahad (4/3/2021)

Setelah laporan selamat datang, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan forum cinta tanah air yang dikemas ke dalam focus group discussion dengan tema bela negara dalam tradisi Islam.

Pengantar diskusi disampaikan oleh Dr Jafar Shodiq, KH Munif Zuhri, Mayjend Rudianto, Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng dan Wahyu Muryadi.

Halaqah Cinta Tanah Air seri ke-4 di UIN Walisongo Semarang, Ahad (4/3/2021)

Setelah paparan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Forum berakhir sekitar pukul 13.00 WIB. (Tim Humas)

Halaqah Cinta Tanah Air di UIN Walisongo Semarang, Ahad (4/3/2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *