Ramadhan di UIN Walisongo, Ada Kajian Kitab Arbain Nawawi

UIN Walisongo Online, Semarang – Badan Amalan Islam (BAI) UIN Walisongo Semarang mengadakan Kajian Bada Zhuhur (KBZ) pada bulan Ramadhan ini. Pada hari Senin, digelar kajian Kitab Syarh Arbain Nawawiyah karya Imam Abu Zakria Yahya bin Asraf An-Nawawi dengan pemateri Dr. H. Fakhruddin Aziz, Lc, MSI.

Kitab ini membahas mengenai urusan dan kebutuhan umat didunia dan akhirat. Mulai dari aqidah, hukum, muamalah, dan akhlak.

Kajian tersebut dilaksanakan dipusatkan di Masjid Kampus 3 UIN Walisongo serta disiarkan secara langsung melalui media Youtube UIN Walisongo. Kajian tersebut dimulai pada pukul 12.15 – 13.30 WIB.

Pada penuturanny, dosen Fakultas Syariah dan Hukum ini menjelaskan bahwa sesungguhnya keabsahan tiap-tiap amal perbuatan bergantung pada niatnya. Kehadiran niat dalam perbuatan sangat menentukan.

“Niat menjadi syarat keabsahan suatu amal,” tuturnya

Ditambahkan, sebuah hijrah yang dikarenakan Allah dan rasulnya, maka hijrahnya akan mempunyai nilai dan penuh ibadah. Jika melakukan hijrah karena dunia, maka hijrahnya tidak bernilai ibadah.

“Ketika Allah menjadi prioritas untuk hidup kita maka Allah pun pasti akan memprioritaskan kita.” pungkasnya. (Tim KKN/Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *