3 Tips Jadi Madrasah Hebat ala Rektor UIN Walisongo

 

UIN Walisongo Online, Semarang – Madrasah Aliyah Swasta memegang peranan penting dalam penciptaan sumber daya yang unggul. Namun, kualitas antar satu madrasah satu dengan yang lain tidak seimbang, sehingga butuh kebersamaan untuk maju bersama.

Hal itu disampaikan Rektor UIN Walisongo Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag saat memberikan sambutan dalam kegiatan halal bilal dan pelantikan Forum Peduli Pendidikan Madradah Aliyah Swasta (FPP MAS) Jawa Tengah di Ruang Teater Lantai 4, Semarang, Selasa (25/5/2021).

Rektor mengucapkan selamat kepada para pengurus baru yang dilantik. Setelah itu, guru besar ilmu tafsir mengingatkan para pengurus bahwa tugas menanti ke depan.

Menurut Rektor, melihat madrasah aliyah swasta ada rasa bangga sekaligus prihatin. Bangga karena jumlah madrasah aliyah swasta jumlahnya sangat banyak. Data di EMIS Kemenag, madrasah aliyah mencapai 1 ribu lebih, di mana madrasah yang negeri hanya 300an.

“Tidak semua madrasah aliyah swasta itu jelek, ada yang bagus tapi tidak banyak. Misal MA NU Banat Kudus,” kata dia.

Rektor memberi tiga catatan agar madrasah meningkatkan kelasnya, yaitu penguatan tata kelembagaan, penciptaan SDM yang unggul serta perluasan kerjasama. Penguatan institusinya dimulai dari penataan lembaganya, atau sekolahnya dikelola dengan baik.

“Kalau ada orang mau sekolahkan anaknya di sana bisa langsung merasa mantap. Jadi perlu ditata manajemennya,” katanya.

Lalu menciptakan SDM Unggul, para guru, siswa perlu dilatih, ditraining, dimotivasi agar mendukung sebuah institusi yang hebat. Lalu kolaborasi, jaringan atau kerjasama.

“Kampus ini tidak bisa bekerja sendiri, tapi harus bekerjasama dengan kampus besar di dunia. Kita tidak mungkin maju tanpa bantuan orang lain. Saya kira Madrasah Aliyah punya kelebihan dan perlu dikerjasamakan dengan pihak lain,” tambahnya.

Acara ini diisi pembekalan oleh Mantan Direktur KSSK Kemenag RI Dr. A Umar, M.A. Di sela acara acara ini juga digelar penandatanganan MOU antara Rektor UIN Walisongo dan Ketua FPPMAS Jawa Tengah.

Hadir dalam kesempatan ini, Wakil Rektor I Dr. H. Mukhsin Jamil, M.Ag, Wakil Rektor II Dr. H. Abdul Kholiq, M.Ag dan Wakil Rektor III Dr. Arief Budiman, M.Ag. Pembina FPPMAS KH Ma’shum, AK, Ketua Demisioner Drs. H. Sugiwanto, M.M, dan para pengurus FPPMAS Jawa Tengah. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *