Persiapkan Kuliah Blended Learning FSH UIN Walisongo Gelar Uji Coba Kuliah Offline

UIN Walisongo Online, Semarang – Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UIN Walisongo Semarang mengadakan uji coba perkuliahan dengan sistem blended learning, Selasa (25/05/2021).

Perkuliahan dilakukan dengan dua sistem yakni secara daring dan luring. Proses perkuliahan tersebut ditinjau langsung oleh Para Pimpinan UIN Walisongo Semarang yakni Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag.; Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. M. Mukhsin Jamil, M.Ag.; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Achmad Arief Budiman, M.Ag., Ketua LPM, Dr. Hasan Asy’ari Ulamai, M.Ag.; Dekan FSH UIN Walisongo Semarang, Dr. Mohamad Arja Imroni, M.Ag., Wakil Dekan I, Dr. Ali Imron, M.Ag.; Wakil Dekan II, Tolkah, M.A., Wakil Dekan III, Dr. Ahmad Izzuddin, M.Ag., dan Koordinator Sub Administrasi Umum dan Kepegawaian, M. Munif, M.Si. Uji coba perkuiahan ini rencananya akan dilakukan mulai 25 Mei hingga 4 Juni 2021.

Perkuliahan digelar dengan protokol kesehatan yang cukup ketat. Sebelum mengikuti perkuliahan, mahasiswa dan dosen diwajibkan mencuci tangan dan cek suhu tubuh terlebih dahulu. Apabila terdapat peserta kuliah yang suhu tubuhnya lebih dari 37˚ C, maka peserta tersebut tidak diperkenankan mengikuti perkuliahan. Seluruh peserta perkuliahan juga diwajibkan mengenakan masker selama perkuliahan. Dalam kelas tersebut, jumlah mahasiswa dibatasi maksimal 20 orang dan sisanya mengikuti perkuliahan secara daring melalui video conference.

Selama peninjauan, rektor sempat menanyakan tanggapan mahasiswa terhadap sistem perkuliahan yang sedang mereka ikuti hari ini. Mahasiswa memberikan tanggapan positif karena mereka dapat belajar secara lebih maksimal dibandingkan hanya menggunakan sistem daring sepenuhnya.

Namun, para pimpinan, khususnya Dekan FSH UIN Walisongo Semarang, menganggap sistem perkuliahan blended learning ini belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan adanya kendala teknis yakni tidak semua kelas sudah didukung sistem smart class yang seharusnya digunakan untuk sistem perkuliahan blended learning. (FSH/Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X