Dorong Civitas Akademika Studi ke Perancis, UIN Walisongo Selenggarakan Webinar Bersama IF

Semarang – International Office (IO) Walisongo Semarang mengadakan Webinar International Series #1 “Study in France” pada hari Kamis, 27 Mei 2021. Webinar diselenggarakan atas kerjasama UIN Walisongo Semarang dengan Kedutaan Perancis dan Institut Francais Indonesia (IFI) LIP Yogyakarta.

Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag., dalam sambutannya memuji negara Perancis yang terkenal dengan keindahannya dan menjadi salah satu destinasi keilmuan yang penting.

Melalui acara ini, dibagikan berbagai informasi mengenai peluang untuk mendapatkan beasiswa, serta pilihan universitas dan program studi yang tersedia di Perancis.

Kegiatan ini diharapkan semakin memotivasi para mahasiswa, dosen, peneliti dan masyarakat umum untuk melanjutkan studi di Perancis, utamanya melalui jalur beasiswa. Peluang yang dapat diambil para dosen dan tenaga kependidikan ini menjadi salah satu strategi dalam rangka mewujudkan cita-cita luhur UIN Walisongo yaitu menjadi World Class University ditahun 2038.

Kepala Pusat Layanan International (International Office) UIN Walisongo Semarang, Ahmad Syifaul Anam menyampaikan apresiasi atas antusias peserta dalam mengikuti webinar sekaligus mengharapkan kehadiran peserta pada webinar seri selanjutnya.

Syifa menyampaikan komitmen IO untuk menyelenggarakan agenda sejenis pada waktu yang akan datang untuk menyediakan informasi beasiswa dan studi di luar negeri bagi civitas akademik UIN Walisongo dan umum.

Atase Kerjasama Universitas dari Kedutaan Perancis, Philoméne Robin mengemukakan bahwa Perancis merupakan negara peringkat ke 5 yang memiliki banyak mahasiswa internasional. Jumlah mahasiswa Indonesia juga cukup besar dan tersebar di beberapa universitas dengan berbagai program studi.

Robin menawarkan kerjasama yang mendukung program Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia dan juga menginformasikan ketersediaan berbagai beasiswa studi di Perancis untuk mahasiswa Indonesia.

Annisa Fauziah, Wakil Atase Kerjasama Universitas dari Kedutaan Perancis, lebih detail menjelaskan program-program beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Perancis mulai dari jenjang Diploma, S1, S2 hingga S3.

Persyaratan, pilihan perguruan tinggi dan program studi yang tersedia juga dapat diakses pada laman indonesia.campusfrench.org.

Beragam pertanyaan dari peserta webinar pada sesi tanya jawab seperti tips persiapan, persyaratan kemampuan bahasa yang dikuasai, dan rekomendasi universitas dijawab oleh Annisa dan tim dari Campus France Indonésie.

Tidak ketinggalan, Hidayah dari Campus France Medan berbagi pengalamannnya sebagai alumni yang pernah mengenyam pendidikan di Perancis.

Meskipun kondisi pandemi Covid-19, Perancis tidak membatasi kehadiran warga negara asing yang ingin mengenyam pendidikan di negara tersebut. Tentu hal ini menjadi angin segar bagi para peminat studi di negara menara Eiffel tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X