Tim KKN UIN Walisongo Gelar Webinar Tentang Kesehatan Mental

UIN Walisongo Online, Semarang – Tim KKN UIN Walisongo mengelar Webinar tentang kesehatan mental selama pandemi covid 19, Jumat (30/7/2021). Webinar digelar kelompok 5 KKN Mandiri Inisiatif Terprogram dari Rumah Angkatan 12

Kegiatan ini menghadirkan Direktur Institut Psikoanalisis Indonesia, Muhammad Fakhrun Siraj, PSA, NCPsyA. Keynote Speaker disampaikan Widayat Mintarsih, M.Pd selaku Dosen Pendamping Lapangan. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta secara luring dari berbagai daerah dan kalangan.

Widayat Mintarsih mengantarkan bahwa webinar dengan tema “Pentingnya Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Covid-19” ini sangat penting dilaksanakan karena dapat memberikan kontribusi yang positif dalam menjaga kesehatan mental masyarakat

“Webinar seperti ini sangat penting dan bagus untuk dilaksanakan, mengingat kondisi di tengah banyaknya permasalahan di bawah pandemi seperti kebijakan pemerintah yaitu lockdown, PPKM membuat masyarakat mengalami penurunan mental ataupun psikis,” ujarnya.

Sementara Muhammad Fakhrun Siraj menyampaikan bahwa kesehatan mental yang dulunya tidak memiliki kekudukan yang penting, namun sekarang menjadi salah satu hal penting dalam hidup.

“Dulu, masyarakat lebih memandang kesehatan fisik lebih penting daripada kesehatan mental itu sendiri, namun sekarang sudah mulai berimbang dan membaik. Yang aktual dalam pembicaraan psikologi yaitu penderitaan, dimana penderitaan itulah yang akan menyangkut pada gangguan-gangguan kesehatan mental. Perlu diketahui bahwa kesehatan mental merupakan suatu yang harus diupayakan dan diperjuangkan, apalagi di tengah pandemi yang menimbulkan banyak tekanan dan gangguan-gangguan kesehatan mental,” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa kesehatan mental itu sendiri menjadi permasalahan bersama pada masa pandemi Covid 19 ini. Sehingga perlu adanya upaya mengembalikan kesehatan mental yang dilakukan secara kolektif dengan bahu membahu satu sama lain agar dapat terwujudkan secara nyata.

Diakhir pemaparan materinya, Muhammad Fakhrun Siraj berpesan perlunya kebersamaan dalam kondisi pandemi covid 19 ini.
“Terkait kesadaran kita akan kebersamaan dalam menghadapi pandemi menjadi hal yang penting, dimana bersama saling memahami, menghargai, dan menjaga satu sama lain, maka akan terwujudnya kesehatan mental secara kolektif,” pungkasnya. (*/Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *