FDK Gelar Workshop Persiapan Pendirian Kelas Internasional

UIN Walisongo Online, Semarang – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menggelar kegiatan Workshop Persiapan Pendirian Kelas Internasional, bertempat di Bandungan. Acara ini berlangsung selama dua hari, Kamis (16/9/21) hingga Jumat (17/9/21).

Ketua Panitia Yuyun Affandi mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk membangun kesadaran kepada civitas akademika khususnya di lingkungan FDK pentingnya kelas internasional pada setiap prodi.

Lebih lanjut, Yuyun mengungkapkan bahwa kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dasar kepada dosen dan staf FDK, “Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada dosen dan staf FDK untuk mempersiapkan diri membuka kelas internasional, secara akademis maupun manajerial terutama skill berbahasa dalam kegiatan belajar mengajar,” jelasnya.

Program kelas internasional membutuhkan keseriusan manajerial dan sumber daya dalam membangun kelas baik pengajar maupun mahasiswa.
Dekan FDK, Ilyas Supena mengatakan, “Kita akan mempersiapkan progam-progam yang dapat menyongsong berdiri nya kelas internasional. Persiapan harus lebih matang dari pengelolaan, kurikulum dan pengetahuan dasar kepada dosen dan karyawan,” ujarnya.

Acara ini menggandeng dua narasumber dari penyelenggara kelas internasional Universitas Indonesia, yaitu Tiurma M.P. Allagan dan Hadi Rahmat Purnama.
“Perlu mempersiapkan segala progam yang menunjang akan kelas internasional ini, tentunya standar bersaing dengan pendidikan luar negeri” ujar Hadi Rahmat Purnama.

Panel komisi workshop memaparkan berbagai bidang yang perlu dikaji terkait persiapan kelas international, antara lain regulasi, SDM dan sarpras, kurikulum dan kerja sama internasional. Menindaklanjuti dari tahap awal rintisan kelas internasional yang telah berjalan di program studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (S2 KPI), FDK telah menerima dan mahasiswa asing sejumlah 10 yang terdiri 2 mahasiswa Strata 1 dan 8 mahasiswa Magister.

Menanggapi panel, Tiurma M.P. Allagan mengungkapkan bahwa FDK sudah memiliki potensi dan dapat menyelenggarakan kelas internasional, terlebih FDK memiliki keunikan yang bisa dilirik oleh mahasiswa dari luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *