Mahasiswa FSH UIN Walisongo Ikuti Akademik Writing di Yayasan Irwan Abdullah Center Yogyakarta

UIN Walisongo Online, Yogyakarta– Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Walisongo Semarang mengirim 15 mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti Training Akademik Writing di Yayasan Irwan Abdullah Center (YIAC) Yogyakarta. Pelatihan diadakan selama 2 hari, dimulai pada Minggu, 26 September hingga Senin, 27 September 2021 secara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat.

Dibimbing langsung oleh Professor Irwan Abdullah, training ini bertujuan untuk meningkatkan skill penulisan mahasiswa, terutama untuk jurnal ilmiah.

“Bekal hidup saya adalah dari menulis, bahkan sampai jadi profesor di Universitas Gadjah Mada. Teman-teman mahasiswa yang ikut acara ini beruntung karena kampus memberi pembekalan training menulis kepada kalian. Semoga training ini menambah semangat menulis teman-teman dan setelah mengikuti training ini bisa mempunyai tulisan di jurnal dan dalam prosesnya akan dibimbing oleh tim YIAC.” Tutur Profesor Irwan Abdullah ketika memberikan materi.

Acara yang digagas oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FSH UIN Walisongo, Dr. Ahmad Izzudin, M.Ag ini sebagai bentuk langkah nyata meningkatkan kwalitas kepenulisan mahasiswa. “Peserta kegiatan training ini merupakan mahasiswa terbaik hasil dari seleksi yang ketat sehingga diharapkan skill mahasiswa terasah dan dapat menerbitkan tulisan di Jurnal ilmiah, minimal di jurnal akreditasi Sinta.” tutur Wakil Dekan 3 FSH tersebut. Training ini juga diharapkan mampu meningkatkan penelitian dan publikasi ilmiah dikalangan mahasiswa FSH UIN Walisongo.

Pada hari pertama kegiatan training mahasiswa diberi pembekalan tentang jurnal bereputasi, template artikel jurnal, langkah-langkah menulis. Untuk hari kedua training diisi dengan materi Sumber dan metode akses sumber publikasi, Quality Assurance Artikel, memilih jurnal dan upload artikel jurnal. Narasumber acara ini merupakan narasumber yang kompeten didunia jurnal dan publikasi ilmiah. Peserta training mengikuti acara dengan antusias dan penuh semangat.

“Acara ini sangat bermanfaat bagi peserta, karena dalam training dikenalkan dunia jurnal dan akses-akses menulis ke jurnal ilmiah yang sangat membantu penyelesaian tugas akhir serta meningkatkan skill penulisan mahasiswa ” tutur Muhamad Mun’im, salah satu peserta training akademik writing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *