Kunjungi ITS, LPM UIN Walisongo Pelajari Penjaminan Mutu

UIN Walisongo Online, Surabaya – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Walisongo Semarang mengunjungi Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kunjungan dalam rangka Benchmarking tentang penjaminan mutu ini dipimpin langsung oleh Ketua LPM UIN Walisongo, Dr. A. Hasan Asy’ari Ulama’i, M.Ag.

Rombongan diterima secara langsung oleh Agus Muhammad Hatta, Ph.D. selaku Direktur DRPM ITS. Pihak ITS menyambut baik kehadiran tim LPM UIN Walisongo Semarang karena menjadikan ITS dijadikan rujukan dalam dalam hal penjaminan mutu.

Dalam sambutannya, Hasan Asy’ari menyampaikan maksud tujuannya berkunjung ke ITS adalah untuk belajar tentang penjaminan mutu. Pihaknya ingin meniru pola penjaminan mutu di ITS, sehingga jika memungkinkan akan diterapkan di LPM UIN Walisongo Semarang agar bisa semakin maju dan menambah nilai eksistensinya, tranfroamsi UIN Walisongo berjalan 6 tahun.

“Penjaminan mutu dan evaluasi merupakan sebuah kekuatan dalam suatu institusi,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur DRPM Agus M Hatta memaparkan bahwa beberapa hal terkait apa yang diperlukan dalam penjaminan mutu. Ia memulai dari pengenalan sejumlah pusat riset yang bersifat multidisplin ilmu, alur dan tahapan penjaminan mutu yang dilakukan oleh pihak Kantor Penjaminan Mutu, serta sistem informasi yang telah dikembangkan untuk mempermudah pencarian data dan penyampaian informasi.

Agenda dilanjutkan dengan diskusi yang berfokus pada pedoman, SOP, pengembangan sistem informasi, serta pengalaman lapangan yang dialami oleh DRPM.

Benchmarking ini diharapkan dapat memberikan rujukan positif bagi LPM UIN Walisongo Semarang ke depan. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X