Mahasiswa UIN Walisongo Siap jadi Pemimpin Masa Depan

UIN Walisongo Online; Magelang ~ Sebanyak 58 mahasiswa UIN Walisongo Semarang mengikuti Pelatihan Dasar Kepemimpinan tingkat dasar, menengah dan Lanjut dengan tema “Menumbuhkembangkan Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19” Jumat-Sabtu (15-16/10). Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini merupakan perwakilan dari tiap unit kegiatan mahasiswa (UKM) di UIN Walisongo. Kegiatan yang dilaksanakan di hotel Grang Artos Magelang ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran mahasiswa akan tanggung jawab sebagai agent social of change serta menguatkan mental mahasiswa sebagai tokoh penggerak disetiap organisasi mahasiswa sehingga dalam menjalankan roda organisasi tidak asal-asalan dan kuat secara landasan berfikir ataupun bersikap.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Dr H Imam Taufiq M Ag. Selain membuka acara, beliau juga sebagai keynote speaker dalam pelatihan ini.

Dalam paparannya Prof Imam menyempaikan bahwa menjadi seorang pemimpin harus memiliki karakter pemimpin yang visioner, menginspirasi, adadtif dan progresif.

“Karakter pemimpin dapat diimplemntasikan mahasiswa dalam tingkah lakunya yang seimbang, peduli, tegas, konsisten serta bisa memimpin diri sendiri”, ucap beliau.

Selain itu, Rektor menekankan bahwa mahasiswa yang diberi amanah untuk menjadi pemimpin organisasi harus tetap memperhatikan nilai akademik mereka.

“Salah satu tolak ukur mahasiswa berprestasi dalam bidang akademik adalah IPK tinggi dan lulus tepat waktu. Jangan sampai urusan organisasi membuat mahasiswa terlena sehingga melupakan hal ini”, lanjut beliau.

Rektor juga berharap para mahasiswa nantinya akan menjadi duta walingsongo yang menjunjung tri etika kampus, unity of sciences dan moderat. Terakhir, beliau berharap agar UKM-UKM di UIN Walisongo dapat melahirkan para mahasiswa berprestasi ditingkat Internasional.

Turut serta dalam acara ini Wakil Rektor Bidang Kemahaiswaan dan Kerjasama Dr Achmad Arief Budiman M Ag. Dalam acara ini, Wakil Rektor III mengajak dialog dengan para peserta tentang bagaimana kepemimpinan ormawa yang ada UIN Walisongo.

Dalam acara ini, para peserta juga dibekali berebrapa materi penting dalam kepemimpinan yaitu peran mahasiswa dalam moderasi beragama, peran mahasiswa sebagai counter radikalisme, tipe-tipe kepemimpinan, kontribusi mahasiswa dalam prestasi, mahasiswa sebagai calon pemegang tampuk pimpinan bangsa, dan strategi kepemimpinan islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X