Gelar Kajian Fiqh Online, Mahasiswa KKN RDR-77 Kelompok 119 Bahas Haid & Istihadhah dalam Islam.

Kelompok 119 Kuliah Kerja Nyata Regular Dari Rumah (KKN RDR) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang mengadakan Kajian Fiqih Online melalui via Google Meet pada Jumat (29/10/2021), dengan tema “Haid & Istihadhah dalam Islam”. Sebagai penambahan ilmu fiqih kewanitan.

Pada Kegiatan dihadiri oleh pemateri dari ning (ustazah) pondok pesantren sunan ampel jombang yaitu ning. Faiqotul Khosyiah, S.pd.

Pada kajian fiqih online ini, peserta yang menghadiri tidak hanya dari kalangan kaum hawa tetapi juga kaum adam juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selain itu, para ibu-ibu rumah tangga juga sangat antusias dalam kajian yang di adakan oleh kelompok kkn 119 RDR-77 UIN Walisongo Semarang.

” Pembahasan mengenai haid & Istihadhah ini, tidak hanya wajib di pelajari dan pahami oleh perempuan saja, tetapi laki-laki juga setidaknya tahu dan paham pada hal ini”. Tutur ning Faiqotul Khosyiah.

Sebagai pemateri, beliau juga menjelaskan secara runtun mengenai haid, Istihadhah dan juga nifas. Mulai dari pengertian, dalil, jenis-jenisnya, dan perkara yang diharamkan bagi wanita haid. “Untuk wanita sangat penting paham ini karena berkaitan dengan ibadah kita”. Ungkap beliau mengingatkan kepada sesama kaum hawa untuk mengetahui dan paham hal tersebut.

Setelah 45 menit penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi diskusi. Pada saat diskusi banyak patisipan yang antusias sekali bertanya, dan bahkan ada kaum adam yang juga bertanya dalam diskusi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *