Cegah Tanah Longsor, Mahasiswa KKN Bantu Penanaman Pohon di Desa Wirogomo

UIn Walisongo Online, Semarang – Dalam rangka mencegah tanah longsor. Mahasiswa KKN RDR ke 77 kelompok 120 ikut serta penanaman bibit pohon sengon, alpukat, nangka, dan durian di Desa Wirogomo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Acara ini dilaksanakan pada hari Kamis, 4 Novemver 2021.

Acara tersebut diikuti oleh Pak Suwignyo selaku Kepala Desa Wirogomo, Perangkat Desa Wirogomo, serta Mahasiswa KKN RDR ke 77 kelompok 120  UIN Walisongo Semarang yang terdiri dari 15 orang.

Pak Suwignyo selaku Kepala Desa Wirogomo dalam sambutannya saat apel pagi menyampaikan, kegiatan ini dibantu oleh BPBD Kota Semarang yang telah menyumbangkan 1.340 bibit tanaman. Yang nantinya akan dibagikan ke setiap RT sejumlah 67 bibit tanaman.

“Mengingat cuaca akhir-akhir ini sudah mulai hujan angin, serta gempa yang berturut-turut di Ambarawa-Salatiga. Selain itu Desa Wirogomo juga terletak di daratan tinggi yang rawan akan longsor. Maka marilah kita menanam bibit pohon”, tuturnya

Beliau juga berharap dengan adanya kegiatan semacam ini mampu mencegah terjadinya longsor yang ada di desa. Selain itu penanaman tersebut juga bertujuan sebagai bentuk rasa cinta lingkungan.

Azi Zatul Hikmah salah satu Anggota KKN RDR ke 77 kelompok 120 UIN Walisongo Semarang mengatakan, dengan adanya kegiatan ini mampu menyadarkan masyarakat untuk menjaga dan merawat alam. Selain itu dengan menanam pohon juga akan  meningkatkan kadar oksigen yang ada di bumi.

“Menanam satu pohon dapat memberikan satu kehidupan di masa depan. Karena hal itu sama saja seperti kita menabung oksigen bagi anak cucu kita kelak. Alam terjaga, manusia akan bahagia”, pungkasnya.

Penulis : Rahmat Ade Putra/Kord. KKN RDR ke 77 Kelompok 120 UIN Walisongo Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X