Mahasiswa KKN Adakan Pesantren Pendidikan Karakter

UIN Walisongo Online – Pendidikan karakter adalah penanaman kebiasaan melakukan hal yang baik, yaitu membentuk tabiat seseorang dan budi pekerti nya. Pendidikan karakter sangatlah penting dilakukan sejak dini, agar menjadi pribadi yang baik sehingga terciptalah generasi yang unggul di kemudian Hari.

Adapun pengertian pendidikan karakter menurut para ahli ; T.Ramli berpendapat bahwa pendidikan karakter mengedepankan makna terhadap moral serta ahklak untuk membentuk pribadi seseorang yang lebih baik, sedangkan menurut Thomas Lickonia pendidikan karakter adalah suatu upaya sengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan setiap nilai etika.

Kegiatan ini di adakan di Taman Pendidikan Quran Al – Amin, adapun kegiatan ini dilaksanakan dengan empat kali pertemuan yaitu hari jum’at dan Sabtu pada dua pekan, acara dilaksanakan pukul 16.00 – selesai di Desa Sampora kec. Serang Baru, Kab. Bekasi (10/10/2021)
Dalam kegiatan ini Mahasiswa KKN mengajarkan bagaimana akhlak budi pekerti kepada Orang Tua, Para Guru – guru serta kepada kerabat. Para anak – anak di ajarkan akhlak serta budi pekerti yang baik , diantaranya:

Selalu menyapa ketika berpapasan dengan orang lain, selalu tersenyum dihadapan orang lain, menghormati kepada orang yang lebih tua, menyayangi kepada orang yang lebih muda, membantu teman ketika sedang berada dalam kesusahan, tidak menghina kepada siapapun, tidak berbuat jahat kepada siapapun dan masih banyak lagi pelajaran yang disampaikan dalam program pendidikan karakter ini.

Selain itu dalam kegiatan ini , Mahasiswa KKN RDR Ke – 77 kelompok 120 UIN WALISONGO, Semarang membuat program perkembangan bakat dan minat yang didalamnya membuka macam-macam kegiatan ekstrakulikuler diantaranya ; kesenian kaligrafi, da’i cilik, les bahasa Arab serta kesenian Rebana.
Mahasiswa KKN berharap dengan adanya program tersebut terlihat potensi diri yang dimiliki oleh anak-anak yang mengikuti kegiatan ini dan berharap dengan seiringnya waktu mereka dapat menggali serta mengembangkan potensi dalam diri mereka.

Para pengajar disini pun ikut berpartisipasi , Ibu Nacih selaku pengajar di TPQ al amin mengatakan, alhamdulillah kegiatan ini perdana ada di TPQ ini sehingga antusias anak-anak sangatlah meriah, dan diharapkan kegiatan ini terus berlanjut walaupun sudah tidak ada Mahasiswa KKN.
Untuk kegiatan ini kami Mahasiswa tertuju kepada Taman Pendidikan Qur’an yang baru berdiri karena berharap bisa menjadi penyumbang ide kreatif yang terus berlanjut kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X