Perkuat Akselerasi Kampus Merdeka,  UIN Walisongo Teken MoU dengan UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

UIN Walisongo Online, Denpasar – UIN Walisongo Semarang melaksanakan kunjungan kerja ke kampus Hindu ternama di Indonesia, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar pada hari Jumat, 19 November 2021. 

Kedatangan Rektor UIN Walisongo Semarang disambut hangat oleh Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa di ruang kerja beliau di Kampus 1 UHN I Gusti Bagus Sugriwa.

Acara yang juga dihadiri jajaran pimpinan UHN I Gusti Bagus Sugriwa ini menjadi momentum penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara kedua perguruan tinggi keagamaan negeri (PTKN) tersebut.

Selain dalam kerangka penguatan program moderasi beragama, Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag berharap MoU ini menandai akselerasi kerjasama kelembagaan untuk mempercepat program-program Kampus Merdeka.

“UIN Walisongo dan UHN I Gusti Bagus Sugriwa ini sudah menjadi prototipe kampus moderasi, sehingga Kami berharap lebih dari itu, bahwa pendatanganan MoU ini dapat segera ditindaklajuti dalam program dan kegiatan nyata, misalnya program merdeka belajar bagi mahasiswa, kolaborasi penelitian dan publikasi ilmiah serta kolaborasi pengabdian kepada masyarakat”, papar Guru Besar Ilmu Tafsir UIN Walisongo yang juga Ketua MUI Provinsi Jawa Tengah dalam sambutannya.

Sementara itu, Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si. menyambut baik kunjungan kerja Rektor UIN Walisongo dan berkomitmen untuk melakukan kunjungan kerja balasan untuk menindaklanjuti PKS dari MoU ini.

“Penandatanganan MoU ini menjadi payung hukum dari seluruh kegiatan bersama yang akan terjalin di antara kedua perguruan tinggi keagamaan negeri ini dan Kami tentu akan segera menindaklanjutinya dalam penandatanganan kerjasama sama (PKS), semoga dalam waktu dekat kami bisa berkunjung balik ke kampusnya para wali, UIN Walisongo Semarang”, kata Rektor yang juga Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali

Ketika dikonfirmasi tentang rencana tindak lanjut dari MoU ini, Ketua LP2M UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Dr. Drs. I Made Sugata, M.Ag mengatakan, “Kami baru saja tersambung dan langsung melakukan koordinasi melalui telpon dengan pihak LP2M UIN Walisongo dan nantinya akan segera dilanjutkan dengan PKS di akhir tahun ini, jadi harapannya untuk kegiatan program anggaran tahun 2022 sudah bisa kita mulai”

Dengan antusias, ia pun melanjutkan paparannya “banyak hal yang bisa dikerjasamakan, misalnya di bidang penelitian kita bisa kerjasama kolaborasi penelitian, pernaskahan dan moderasi beragama. Adapun di bidang pengabdian, kita bisa laksanakan KKN nasional moderasi beragama kolaboratif dan karya pengabdian dosen kolaborasi moderasi beragama untuk pembinaan umat”

Kunjungan kerja sekaligus penandatanganan MoU ini berlangsung dalam suasana penuh keakraban dan kehangatan dan diakhiri dengan saling tukar menukar cinderamata sebagai simbol hubungan dua perguruan tinggi keagamaan negeri (PTKN) Kementerian Agama RI. [Sekpim]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X