Dharma Wanita Persatuan UIN Walisongo Gelar Workshop Penguatan dan Manajemen Ketahanan Ekonomi Keluarga       

UIN Walisongo Online, Solo – Dalam upaya mewujudkan keluarga yang sejahtera, Dharma Wanita Persatuan UIN Walisongo mengadakan Workshop Penguatan dan Manajemen Ketahanan Ekonomi Keluarga. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Ekonomi DWP UIN Walisongo selama dua hari, tanggal 12 -13 November 2021, bertempat di The Sunan Hotel Surakarta dengan peserta sejumlah 40 orang yang terdiri dari pengurus dan anggota DWP UIN Walisongo.

 

Ketua panitia acara, Islamiyati Arief Budiman dalam sambutannya menyampaikan tujuan kegiatan ini diantaranya memberikan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan keluarga dengan baik.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan tentang inovasi pengolahan makanan, pengetahuan tentang pentingnya standarisasi dan sertifikasi produk untuk memperluas jangkauan pemasaran. Sehingga diharapkan bisa untuk menambah sumber penghasilan keluarga,” ungkapnya.

“Targetnya kedepan DWP UIN Walisongo  memiliki Rumah Online sebagai pusat kegiatan ekonomi ibu-ibu DWP,” lanjut Islamiyati.

 

Sebagai Keynote Speaker dan membuka acara ini, Dr. H. Mukhsin Jamil, M.Ag. selaku Wakil Rektor I UIN Walisongo menyampaikan bahwa Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang mempunyai fungsi sosial, fungsi pendidikan, fungsi religius dan fungsi kebudayaan.

 

“Tantangan keluarga sangat berat di masa sekarang, yaitu transformasi digital, yang memberi dampak mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Orang asyik dengan gadget sehingga menyebabkan jauh dari kehidupan sosial yang nyata.” Ujar mantan Dekan Fakultas Ushuluddin ini.

 

“Covid mengubah tatanan kehidupan, sistem pembelajaran yang tidak bisa bertatap muka secara langsung selama hampir 2 tahun menyebabkan loose learning, pengurangan karyawan secara besar-besaran di berbagai macam usaha dan di semua negara menyebabkan kehidupan ekonomi masyarakat menurun. Oleh karenanya acara ini tepat sekali untuk membangun kembali ketahanan keluarga melalui kegiatan ekonomi ini,” pungkasnya. (Humas/DW)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *