Wisuda Februari 2022, UIN Walisongo Luluskan 1.285 Mahasiswa

UIN Walisongo Online, Semarang – Sebanyak 1.285 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang diwisuda di awal tahun 2022. Proses wisuda periode Februari ini dilaksanakan dalam kegiatan Sidang Senat Terbuka UIN Walisongo Semarang dengan acara Wisuda Doktor (S3) ke 26, magister (S2) ke-50 dan Sarjana (S1) ke-83, di Auditorium 2 Kampus 3, Selasa (8/2/2022).
Sebanyak 1.285 wisudawan terdiri dari 34 orang doktor, 50 magister dan 1.170 sarjana dan 31 orang ahli madia. Jumlah wisudawan tersebut merupakan gabungan dari 8 fakultas dan 1 pascasarjana.
Lulusan dari Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) sebanyak 4 magister dan 213 sarjana dan, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (Fuhum) sebanyak 9 magister dan 115 sarjana, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sebanyak 19 magister dan 260 sarjana, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) sebanyak 1 magister dan 224 sarjana.
Selanjutnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 5 magister, 145 sarjana dan 31 ahli madia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) sebanyak 40 sarjana, Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) sebanyak 39 sarjana, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) sebanyak 134 sarjana, dan Pascasarjana sebanyak 34 doktor dan 12 magister.
Pelaksanaan wisuda dilaksanakan secara offline dan online dengan protokol kesehatan yang ketat. Rata-rata lulusan pencapaian prestasi akademik sangat memuaskan. IP rata-rata untuk program S3 atau doktor 3,70, S2 atau magister 3,60 dan program S1 3,71. Predikat akademik berupa cumlaude berarti sangat memuaskan.
Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag. mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah diwisuda hari ini. Rektor juga mengucapkan selamat kepada para orang tua wisudawan. Sebab, para orang tualah yang sesungguhnya berperan di balik layar kesuksesan seorang anak.
Dalam kesempatan ini, rektor membekali para wisudawan agar mempergunakan ilmu yang diraihnya dalam perkuliahan agar digunakan di tengah masyarakat. Aktualisasi diri merupakan bagian integral dari amal sholeh yang tidak hanya berorientasi pada kerja di dunia saja, melainkan bentuk tanggung jawab mengemban amanah sebagai khalifah fil al ardh untuk memakmurkan bumi Indonesia.
“Kalian adalah duta-duta walisongo. Anda semua dididik dengan unity of science sehingga pengetahuan dan ilmu yang diperoleh harus mampu berkontribusi untuk bangsa. Ketika lulus, anda semua adalah duta kampus di masyarakat,” ujarnya.
Rektor juga mengingatkan bahwa capaian lulus saat ini dapat terlaksana karena dukungan dari para orang tua. Mereka tidak pernah lelah untuk mendukung, mendampingi hingga anak-anaknya menyelesaikan studinya.
“Maka wisuda ini, terima kasihlah kepada orang tua, yang senantiasa mendorong, mensupoort dan membahagiakan semuanya. Namun demikian, ilmu didapat bukan hanya membahagiakan orang tua, tapi harus benar-benar bisa berkontribusi untuk bangsa,” tandasnya.
Di akhir sambutan, Rektor meminta agar para lulusan menjadi seorang duta wallisongo muda, yang mampu merespon tantangan, mampu menyeimbangkan antara harapan dan realitas, antara tradisionalitas dan modernitas, antara tekstual dan kontekstualitas.
Sejak kampus berdiri pada 1970, UIN Walisongo hingga Februari 2022 telah meluluskan sebanyak 45.068 orang, baik itu doktor (S3), magister (S2), sarjana (S1), ahli madya, dan ahli muda. [Tim Humas]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *