Kenakan Kostum Adat, Cara UIN Walisongo Hormati Para Wisudawan

UIN Walisongo Online, Semarang – Ada fenomena menarik dalam gelaran wisuda di UIN Walisongo Semarang periode Februari 2022 di Auditorium 2 Kampus 3, Selasa (8/2/2022). Fenomena itu tidak lain adalah pengenaan kostum adat untuk menjamu para wisudawan.
Kostum adat secara serentak digunakan oleh para panitia acara. Umumnya, kostum  dalam upacara wisuda adalah menggunakan pakaian dinas (PDH).
Namun, dalam rangakain wisuda dalam rangka Sidang Senat Terbuka UIN Walisongo Semarang dengan acara Wisuda Doktor (S3) ke 26, magister (S2) ke-50 dan Sarjana (S1) ke-83, kegiatan penyambutan dilakukan dengan cara-cara yang berbeda. Salah satu pembeda adalah dengan pengenaan kostum yang unik. Kostum yang dipilih adalah pakaian adat nusantara.
“Kami mengenakan pakaian adat ini untuk membuat kegiatan yang berbeda dengan sebelumnya. Ini dalam rangka mengenalkan dan menguri-uri pakaian adat nusantara,” ujar Kepala Bagian Akademik UIN Walisongo Muntoha, M.M.
Pada upacara wisuda hari ini, kostum adat yang digunakan antara lain pakaian adat jawa, sunda, madura, jakarta, bali dan bugis. Panitia tampak kompak dan serasi mengenakan kostum adat ini.
Kekompakan panitia meneganakan kostum adat ini dipuji oleh Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag. Menurutnya, seremoni wisuda yang biasanya dilaksanakan secara formal mulai diwarnai dengan hal-hal yang baru.
“Saya apresiasi wisuda hari ini. Panitia wisuda mendesain dengan cara berbeda, hal ini juga untuk menyambut Dies Natalis UIN Walisongo ke-52 pada bulan April mendatang. Semua panitia memakai adat nusantara, ada adat jawa, dan sebagainya untuk mendukung acara ini. Saya ucapkan terima kasih,” puji rektor.
Dalam kegiatan ini, digelar wisuda kepada 1.285 mahasiswa yang terdiri dari 34 orang doktor, 50 magister dan 1.170 sarjana dan 31 orang ahli madia. Jumlah wisudawan tersebut merupakan gabungan dari 8 fakultas dan 1 pascasarjana.
Lulusan dari Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) sebanyak 4 magister dan 213 sarjana dan, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (Fuhum) sebanyak 9 magister dan 115 sarjana, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sebanyak 19 magister dan 260 sarjana, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) sebanyak 1 magister dan 224 sarjana.
Selanjutnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 5 magister, 145 sarjana dan 31 ahli madia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) sebanyak 40 sarjana, Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) sebanyak 39 sarjana, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) sebanyak 134 sarjana, dan Pascasarjana sebanyak 34 doktor dan 12 magister.
Sejak kampus berdiri pada 1970, UIN Walisongo hingga Februari 2022 telah meluluskan sebanyak 45.068 orang, baik itu doktor (S3), magister (S2), sarjana (S1), ahli madya, dan ahli muda. [Tim Humas]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *