UIN Walisongo Perkuat Jalinan Kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal

UIN Walisongo melanjutkan jalinan kerjasama sinergis dengan badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI

UIN Walisongo Online, Semarang – UIN Walisongo melanjutkan jalinan kerjasama sinergis dengan badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI. Kerjasama itu diwujudkan dalam penandanganan MoU antara kedua belah pihak du ruang teater Retkorat UIN Walisongo, Rabu, 9 Februari 2022.

Hadir secara langsung Kepala BPJPH Dr. M. Aqil Irham, M.Si. dan rombongan. Sementara dari UIN Walisongo dipimpin oleh Wakil Rektor III Dr Arief Budiman, M.Ag. didamping Direktur Walisongo Halal Center (WHC) UIN Walisongo Dr. Ahmad Izzuddin, M.Ag. dan tim WHC.

“Kerjasama ini sifatnya bersifat saling menguntungkan. Pihak UIN Walisongo sedang mempersiapkan diri menjadi lembaga pemeriksa halal untuk bisa menjadi pionir dalam pengembangan industri halal, sehingga jalinan kerjasama dengan para pihak adalah hal yang diperlukan,” ujar Arief Budiman, menyampaikan sambutan sebelum MOU.

Menurutnya, kerjasama dengan BPJPH merupakan kerjasama lanjutan setelah terlaksana di tahun-tahun sebelumnya. Pihaknya menyampaikan ketidakhadiran Rektor UIN Walisongo karena sedang berduka.

Sementara itu, Kepala BPJPH Kemenag RI Dr. M. Aqil Irham, M.Si. menyampaikan bahwa kerjasama dengan perguruan tinggi bersifat saling menguntungkan karena PT mempunyai sumber daya yang mumpuni, sehingga bersama-sama dapat dikembangkan dalam kerangka tridharma perguruan tinggi.

Ia menyampaikan bahwa industri halal adalah fashion dunia. Industri halal bukan lagi milik agama tertentu, sehingga industri ini sudah selayaknya dikembangkan terus menerus.

“Berbagai negara sudah mengembangkan industri ini, termasuk Indonesia yang bertekad menjadi kiblat halal dunia,” katanya.

Selain itu, sejumlah perguruan tinggi di bawah Kemenristekdikti juga mulai merambah industri halal, sehingga sumber daya yang melimpah ini perlu ada rambu-rambu yang jelas agar bisa saling menopang satu dengan yang lain.

Setelah sambutan, dilangsungkan penandatanganan MoU antara UIN Walisongo dengan BPJPH Kementerian Agama, diikuti dengan foto bersama. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *