Dies Natalis ke-52, UIN Walisongo Berziarah ke Makam Sunan Ampel

UIN Walisongo Online, Surabaya – Peringatan Dies Natalis atau Hari Jadi UIN Walisongo ke 52 digelar dengan berbagai kegiatan. Satu diantaranya adalah ziarah ke 52 makam wali atau masyayikh penyebar agama Islam di tanah Jawa.

Pada Sabtu, 5 Maret 2022, UIN Walisongo melaksanakan ziarah ke Makam Sunan Ampel, Raden Ahmad Rohmatullah, di Kota Surabaya, Jawa Timur. Rombongan dipimpin langsung oleh Rektor Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag.

Sesuai prosedur tetap berlaku, rombongan UIN Walisongo menerapkan protokol kesehatan covid 19 tiba. Rombongan tiba di kompleks pemakaman sekitar pukul 16.00 WIB, dan diterima langsung oleh pengurus Yayasan Sunan Ampel, antara lain Gus Zainal Abidin, Putra Almarhum KH Ubaidillah (Nadzir Ampel).

Setelah berbincang sejenak mengenai kondisi Makam Sunan Ampel terkini bersama Pengurus Yayasan Sunan Ampel, rombongan kemudian memasuki kompleks makam. Sebelumnya, para rombongan telah mengambil wudhu tepat sebelum pintu masuk makam.

Dalam kesempatan ini dilaksanakan pembacaan tahlil dan doa. Rektor memimpin langsung pembacaan tahlil, diikuti pembacaan doa oleh Gus Faruq.

Pembacaan tahlil dan doa sendiri dilaksanakan dengan suasana yang khidmat, pasca hujan cukup deras di Kota Pahlawan ini.

Setelah berziarah ke Makam Sunan Ampel, rombongan berziarah ke makam masyayikh Syaikhona Kholil Abdul Latif di Bangkalan, Madura dan Makam Syekh Abu Syamsudin di Astana Batu Ampar, Pamekasan.

Ikut bersama Rektor, Kabiro AUPK Teguh Sarwono, M.Si., Ketua DWP Dr. Hj. Arikhah, M.Ag., para dosen dan tenaga pegawai di lingkungan Biro UIN Walisongo. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *