Ziarah Pendiri Nahdlatul Ulama Dalam Rangka Dies Natalis UIN Walisongo ke- 52

UIN Walisongo Online; Jombang – Selasa (8/3), dalam rangka Dies Natalis UIN Walisongo ke-52 yang pada tahun ini diselenggarakan dengan tema “Bersinergi Menggapai Rekognisi”, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang, melaksanakan ziarah ke makam para wali dan masyayikh di wilayah Jombang, Jawa timur. Ziarah tersebut diikuti oleh pimpinan yaitu Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. H. Ismail, M.Ag.; Wakil Dekan I, Dr. Saminanto, M.Sc.; Wakil Dekan II, Dr. H. Nur Khoiri, M.Ag.; Wakil Dekan III, Dr. Hj. Nur Khasanah, M.Kes., serta perwakilan dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Pada kesempatan tersebut, rombongan berziarah ke makam KH. Abdul Wahab Hasbullah, KH. Bisyri Syamsuri, dan KH. Hasyim Asy’ari Jombang. Pelaksanaan ziarah tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari penularan Covid 19 yang masih harus diwaspadai. Adapun ziarah diselenggarakan dengan beberapa kegiatan yaitu  pembacaan sejarah singkat perjuangan para wali dan masyayikh; pembacaan Tahlil; pembacaan Surat Yaasin; doa khotmil Quran; dan sholawat. Secara umum rangkaian acara berjalan dengan lancar dan khidmat.

Setelah berziarah, rombongan FST melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi pondok pesantren terbesar di Kabupaten Jombang, Jawa timur, yaitu Pondok Pesantren Tebuireng, yang berlokasi di jalan Irian Jaya nomor 10 Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa timur. Kedatangan rombongan FST disambut langsung oleh pengurus Yayasan Hasyim Asy’ari yakni KH. Irfan Yusuf, KH. Luqman Hakim, dan Ustadz Iskandar selaku ketua pondok pesantren. Tidak hanya silaturahmi, kunjungan tersebut juga diselenggarakan sebagai bentuk jalinan kerja sama antara FST dengan Pondok Pesantren Tebuireng.

“Kami dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang mempunyai 9 prodi, yakni: (1) Pendidikan Matematika; (2) Matematika; (3) Pendidikan Fisika; (4) Fisika; (5) Pendidikan Kimia; (6) Kimia; (7) Pendidikan Biologi; (8) Biologi; dan (9) Teknologi Informasi. Dalam rangka Dies Natalis ke-52 UIN Walisongo Semarang, Kami berziarah ke-52 Wali dan Masyayikh di antaranya ke beberapa tokoh nasional KH. Abdul Wahab Hasbullah, KH. Bisyri Syamsuri, dan KH. Hasyim Asy’ari. Alhamdulillah sudah selesai. Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan yang sangat luar biasa. Kami memohon nasihat dan wejangan dari Bapak Kyai yang nantinya akan Kami sampaikan juga kepada mahasiswa sebagai bekal agar menjadi scientist muslim yang senantiasa menebar Islam Rohmatan Lilalamin. Bekal ini penting karena mereka akan memimpin masa depan, membawa negeri dan anak cucu kita menjadi lebih baik. Semoga pertemuan ini memberikan kemanfaatan dan keberkahan dari Allah SWT. Aamiin,” ungkap Dr. H. Ismail, M.Ag., Dekan FST dalam sambutannya.

“Kita sama-sama guru, di sini sama-sama belajar dengan silaturahim dan menambah pengalaman. Benar yang dikatakan oleh Bapak Dekan bahwa Walisongo adalah salah satu dari beberapa tokoh yang membawa tugas berat yakni menyebar agama islam di wilayah Jawa. Nama ini berat memang, tetapi kita juga mempunyai tugas yang sama yakni mendidik anak-anak kita yang merupakan tonggak di masa depan sehingga perlu dibekali dengan wawasan Islami. Alhamdulillah ada bapak ibu dosen di sini yang senantiasa membimbing anak didiknya agar sanggup memimpin masa depan negara menjadi lebih baik. Semoga bapak ibu dosen juga senantiasa diberikan kekuatan dalam mengemban tugas mendidik mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Semoga silaturahim ini membawa berkah untuk kita semua. Aamiin,” ungkap KH. Irfan Yusuf dalam sambutannya.

Setelah mendengar sejarah singkat dan metode pembelajaran di Yayasan Hasyim Asy’ari oleh KH. Luqman Hakim, rombongan pamit undur diri dan memberikan kenang kenangan, semoga silaturahmi ini terjalin dengan baik. Dengan diadakannya ziarah dan kunjungan tersebut, diharapkan di masa yang akan datang UIN Walisongo Semarang akan memperoleh keberkahan serta kelancaran dalam segala aktivitas baik akademik maupun nonakademik. Selain itu, diharapkan pula nilai-nilai luhur para wali dan masyayikh dapat diimplementasikan oleh segenap keluarga besar Fakultas Sains dan Teknologi pada khususnya dan keluarga UIN Walisongo Semarang pada umumnya. (Humas FST)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *