Internasionalisasi Bahasa Indonesia, BIPA UIN Walisongo Launching Buku

UIN Walisongo Online, Semarang — Tim Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di bawah naungan Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Walisongo Semarang berhasil menerbitkan dua buah buku ajar BIPA untuk masyarakat umum.

Peluncuran buku ajar BIPA dilaksanakan di sela-sela kegiatan rapat koordinasi pengurus Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) cabang Jawa Tengah. Kegaitan dihadiri langsung oleh Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. H. Imam Taufik, M.Ag.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, rektor menyampaikan terkait implementasi tentang internasionalisasi bahasa Indonesia. Menurutnya, di berbagai forum dunia, bahasa Indonesia sudah mulai digunakan secara resmi. Oleh karenanya, pijakan tersebut perlu didukung di tingkat akar rumput.

“Acara-acara resmi yang bertaraf Internasional saat ini banyak yang menggunakan Bahasa Indonesia. Menurut saya, Bahasa Indonesia saat ini memiliki kedudukan yang penting, sehingga marwah bahasa Indonesia perlu dijaga,” kata Rektor.

Lebih lanjut, Rektor mengapresiasi dan mendukung program BIPA di UIN Walisongo. Dukungan ini salah satunya dengan rencana mendanai buku ajar BIPA.

“Saya siap mendukung bahkan sampai 5 buku BIPA lagi untuk terbit tahun ini. Silhakan untuk disiapkan,” tambahnya.

Acara launching buku juga ditandai dengan penyerahan buku ajar BIPA jilid 1 dan jilid 2 secara simbolis oleh Rektor UIN Walisongo didampingi Ketua APPBIPA Jawa Tengah dan perwakilan Kepala Pusat Pengembangan UIN Walisongo kepada mahasiswa asing asal Somalia.

Selain launching buku ajar BIPA karya tim BIPA UIN Walisongo, acara tersebut juga menjadi serangkaian acara dengan rapat koordinasi pengurus APPBIPA Jawa Tengah.

Acara dihadiri pengurus APPBIPA yang berasal dari berbagai kampus di Jawa Tengah seperti UNDIP, Unnes, ISI Surakarta, Unsoed Purwokerto, UMK Kudus, dan sebagainya, baik secara daring melalui virtual meeting maupun secara luring bertempat di Gedung ICT Center, Kampus III UIN Walisongo Semarang. Di samping itu, acara juga dihadiri oleh Kepala APPBIPA cabang Jawa Tengah, Muh. Muzakka, M.Hum secara luring, dan juga Kepala APPBIPA pusat, yang diwakili dr. Gatut Susanto yang hadir secara daring. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *