Tingkatkan Kewalisongoan, UIN Walisongo Ziarah ke Sunan Gunung Djati dan Syeikh Nurjati

UIN Walisongo Online, Cirebon – Kunjungan destinasi paling barat yang akan dikunjungi oleh Rombongan Ziarah 52 Wali dan Masyayikh dalam rangka Dies Natalis UIN Walisongo Semarang adalah Kabupaten Cirebon.

Rombongan Ziarah terdiri dari para Guru Besar, Anggota Senat Universitas, Tenaga Pendidik, dan Tenaga Kependidikan UIN Walisongo Semarang. Rombongan dipimpin langsung oleh Drs. H. Anasom, M.Hum selaku Sekretaris Senat Universitas. Terdapat 3 lokasi yang akan dikunjungi yakni Makam Sunan Gunung Djati, Makam Syeikh Nurjati, dan juga Pondok Buntet Pesantren Cirebon.

Menurut Anasom, kegiatan ziarah dalam konteks spiritual dapat diartikan sebagai bentuk tabarukan, selain itu, karena ziarah ini diikuti oleh sejumlah dosen sehingga ziarah ini juga dapat disebut sebagai napak tilas sejarah para tokoh-tokoh islam.

“Kegiatan ziarah ini dapat menjadi sarana untuk mendapatkan keberkahan, yang mana, keberkahan disini memiliki arti yang luas, misalnya kampus UIN Walisongo dapat dikenal oleh banyak orang, selain itu, juga dapat meningkatkan intelektualitas akan sejarah” Jelas Anasom.

Turut berpendapat mengenai Kegiatan Ziarah Wali, Prof. Dr. H. Fatah Syukur, M.Ag selaku Guru Besar dan Anggota Senat Universitas menyatakan bahwa Kegiatan Ziarah ini merupakan kegiatan yang positif.

“Adanya Ziarah Para Wali memiliki dampak yang positif, sebab kampus UIN Walisongo yang menggunakan nama Walisongo, harus mampu mengenal lebih dalam dan juga meneladani jejak para Wali” Ujar Fatah Syukur.

“Harapannya kegiatan ini dapat dikembangkan dan dapat menjadi sarana kajian bagi UIN Walisongo untuk mengembangkan pusat kajian Kewalisongoan” Tambah Fatah Syukur.

Perjalanan ziarah diakhiri dengan berziarah ke Makam Masyayikh yang ada di Buntet, yakni KH. Abbas Abdul Jamil. Selain ziarah, rombongan juga melakukan silaturahmi ke Pondok Buntet Pesantren Cirebon dan disambut langsung oleh KH. Salman Alfarisi selaku Ketua Yayasan Pendidikan Islam Pondok Buntet Pesantren Cirebon.

“Semoga nantinya Pondok Buntet Pesantren Cirebon dapat mempererat silaturahim dengan bentuk kerjasama dengan UIN Walisongo Semarang” Ungkap Salman.

(TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *