Kado Dies Natalis UIN Walisongo, Jurnal Psikohumaniora Terindeks Scopus

“Alhamdulillah, Psikohumaniora telah terindeks Scopus. Ini menjadi kado terindah untuk UIN Walisongo dalam rangka Dies Natalis ke-52. Semoga melalui capaian ini mampu memberikan nuansa baru dan pemantik bagi jurnal-jurnal lainnya di UIN Walisongo” tegas Baidi.

UIN Walisongo Online, Semarang – UIN Walisongo Semarang berhasil memperoleh capaian internasional dengan jurnal yang terindeks Scopus pada Kamis, 17 Maret 2022. Jurnal Psikohumaniora dibawah pengelolaan Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK), UIN Walisongo Semarang.

Capaian indeksasi Scopus ini juga menjadi spesial karena Psikohumaniora merupakan jurnal bidang psikologi satu-satunya di Indonesia, yang berhasil terindeks Scopus. Capaian ini merupakan wujud tekad FPK UIN Walisongo sebagai kampus riset islam terdepan.

Editor in Chief Psikohumaniora, Dr. Baidi Bukhori menyatakan bahwa capaian indeks scopus ini adalah buah dari kerja keras para pengelola, editor, dan reviewer jurnal. Selain itu dukungan dari pimpinan dan juga pembaca psikohumaniora menjadi semangat untuk meningkatkan kualitas artikel dan mencapai scopus.

“Alhamdulillah, Psikohumaniora telah terindeks Scopus. Ini menjadi kado terindah untuk UIN Walisongo dalam rangka Dies Natalis ke-52. Semoga melalui capaian ini mampu memberikan nuansa baru dan pemantik bagi jurnal-jurnal lainnya di UIN Walisongo” tegas Baidi.

Dalam email dari tim Scopus, Psikohumaniora dinilai sebagai jurnal yang secara konsisten memuat artikel-artikel yang secara akademis dinilai baik, sehat, dan relevan dengan audiens akademis atau profesional internasional di bidangnya.

Selain itu, Jurnal Psikohumaniora dinilai memiliki tujuan yang jelas dan ruang lingkup/kebijakan jurnal yang konsisten dengan isi jurnal.

Jurnal Psikohumaniora menerbitkan artikel pertamanya pada tahun 2016. Artikel yang diterbitkan ditujukan pada ruang lingkup psikologi klinis dan psikologi positif. Sejak saat itu, Jurnal Psikohumaniora berbenah dan mencapai indeksasi peringkat 2 Sinta pada tahun 2019. Ini juga capaian yang luar biasa, karena saat itu Psikohumaniora menjadi jurnal psikologi satu-satunya yang berperingkat Sinta 2 di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Dengan peningkatan kualitas artikel yang diterbitkan selama tiga tahun, akhirnya jurnal ini berhasil terindeks scopus. Atas capaian ini, Baidi berharap bisa melanjutkan secara konsisten kualitas artikel-artikel Psikohumaniora, sehingga mampu memberi kontribusi keilmuan di bidang psikologi. (Humas FPK/Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *