Usung Konsep Santri Akademi, Mahasiswa UIN Walisongo Ikuti Kompetisi di Turki

UIN Walisongo Online, Semarang – Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Berkat mengusung konsep Desain Inovasi Startup Platform: Santri Academy, 2 orang mahasiswa UIN Walisongo mewakili Indonesia pada ajang 1Idea1World yang diadakan oleh TUMMIAD (Turki Inventors Association) di Istanbul Turki pada tanggal 16-17 Mei 2022.

1Idea1World merupakan kompetisi dan expo konsep maupun Ide Startup di dunia, dalam ajang ini perwakilan dari UIN Walisongo harus berkompetisi mendapatkan medali dengan mahasiswa dari seluruh dunia. Sebelum mengikuti kompetisi Ke Turki, tim yang beranggotakan 2 mahasiswa yaitu Khoirul Adib (Teknologi Informasi – FST) dan Nur Fatimah (Biologi – FST) harus melewati babak seleksi antar mahasiswa seluruh Indonesia yang diadakan bulan April lalu.

Konsep Startup yang diusung adalah platfrom Santri Academy yaitu suatu platform pembelajaran yang berfokus pada pendidikan agama Islam. Platfrom ini diciptakan guna memberikan solusi bagi seseorang yang ingin belajar pendidikan agama seperi halnya membaca Al-Qur’an, Bahasa Arab, Baca Kitab, dll. Platfrom ini akan dikemas semenarik mungkin dengan dilengkapi video pembelajaran dan kedepannya akan dilengkapi teknologi canggih seperti Artificial Intelegence.

Platform ini bukan hanya berisi pembelajaran dibidang agama Islam saja, namun dilengkapi dengan pembelajaran life skills, sehingga harapannya dapat menjadi modal bagi para generasi muda untuk mengembangan potensinya.

Bukan hanya soal konsep kecanggihan platform ini, namun Santri Academy akan hadir dengan menggunakan metode ala pesantren sehingga ke-ilmuan akan bersanad.

“Dengan hadirnya Platform Ini semoga bisa menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran agama Islam, sehingga memudahkan orang untuk belajar dengan tanpa khawatir keaslian ilmu yang didapat,” tutur Khoirul Adib.

Dalam ajang ini kedua mahasiswa tersebut akan mempresentasikan sekaligus memamerkan konsep Startup Platform Santri Academy di ajang 1Idea1World. Selain itu mereka juga akan mengikuti Student Mobility antar Kampus yang ada di Istanbul pada tanggal 18-19 Mei 2022, dalam agendanya mereka akan mempresentasikan dan sharing bagaimana konsep ekosistem inovasi yang ada dikampus UIN Walisongo.

Dekan Fakultas Sains dan Tekologi, Dr. H. Ismail, M.Ag memberikan apresiasi kepada 2 mahasiswa FST UIN Walisongo atas prestasi yang diraih.

“Kami berharap dengan adanya 2 mahasiswa kami yaitu Adib dan Fatimah yang lolos ke ajang Kompetisi Internasional di Turki bisa membawa nama harum bangsa Indonesia dengan pulang membawa medali. Selain itu, juga menjadi penyemangat bagi mahasiswa lainya,” ungkap Dekan FST dalam wawancaranya dengan tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X