Lepas Jama’ah Haji UIN Walisongo 2022, Rektor : Ibadah Haji itu Ibadah yang Istimewa

UIN Walisongo Online, Semarang – Keluarga Besar UIN Walisongo Semarang menggelar acara doa bersama dalam rangka pelepasan jama’ah haji UIN Walisongo tahun 2022. Dikomandoi oleh Badan Amalan Islam (BAI) UIN Walisongo, acara ini digelar di Masjid Walisongo Kampus 3 UIN Walisongo, Senin (6/6/2022). Acara berlangsung khidmat. Jama’ah terlihat khusu dan mengikuti acara dengan seksama.

Hadir dalam doa keselamatan dan pelepasan jama’ah haji Rektor UIN Walisongo Prof Dr Imam Taufiq, para wakil rektor, para kepala biro, para dekan dan ketua lembaga, pengurus BAI, serta segenap dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan UIN Walisongo Semarang.

Rektor melepas secara langsung para jama’ah dengan didampingi oleh para pimpinan. Imam Taufiq berpesan kepada para jamaah bahwa haji itu ibadah yang paling istimewa. Disamping istimewa, haji juga ibadah yang paling sulit untuk ikhlas.

Haji berbeda dengan ibadah-ibadah lain seperti salat yang bisa dilihat ikhlas atau tidak ikhlasnya, haji menuntut jamaahnya untuk ikhlas tetapi dengan diketahui oleh orang lain.

“Dari mulai pendaftaran pun sudah diketahui orang apalagi ditambah BAI mengundang kesini untuk didoakan oleh rekan-rekan. Itu menjadi sangat sulit untuk ikhlas,” tambah Imam Taufiq dalam sambutannya.

Ibadah haji, lanjut Imam Taufiq, sebenarnya mudah untuk ikhlas. Kuncinya yaitu dengan lillah atau hanya karena dan untuk Allah.
Alquran sudah menjelaskan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah.

“Ibadah haji adalah ibadah yang istimewa. Kenapa disebut istimewa? Karena semua syarat dan rukunnya harus dilakukan di Makkah. Semuanya harus di sana. Walaupun ada beberapa yang bisa dilakukan di Indonesia,” lanjutnya.

Imam Taufiq menutup sambutannya dengan menitipkan kepada para calon jamaah haji UIN Walisongo untuk mendoakan UIN Walisongo agar menjadi lembaga yang barokah dan berprestasi.

Jama’ah haji UIN Walisongo tahun ini berjumlah 14 orang yaitu :
1. Dr. Ahmad Ismail, M. Ag. (Fakultas Sains dan Teknologi) berangkat 8 Juni 2022
2. M. Munif, M. Si. ( Fakultas Syariah dan Hukum) berangkat 14 Juni 2022
3. Dr. H. Ahmad Furqon (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) berangkat 14 Juni 2022
4. Dr. Siti Tarwiyah, M. Hum. (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan) berangkat 14 Juni 2022
5. Moh Khasan, M. Ag. (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) berangkat 14 Juni 2022
6. Dr. M. Saekan (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan) berangkat 8 Juni 2022
7. Mundhir, M.Ag (Fakultas Ushuluddin dan Humaniora) berangkat 18 Juni 2022
8. Shofiyah Nurmasari, M. T. (Fakultas Ushuluddin dan Humaniora) berangkat 18 Juni 2022
9. H. Fachrur Rozi, M. Ag. (Fakultas Dakwah dan Komunikasi) berangkat 14 Juni 2022
10. Dr. Saminanto (Fakultas Sains dan Teknologi) berangkat 13 Juni 2022
11. H. M. Fauzi, MM (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) berangkat 26 Juni 2022
12. H. Maltuf Fitri , MM (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) berangkat 14 Juni 2022
13. Dr. Moh. Fauzi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) berangkat 14 Juni 2022
14. Prof. Dr. H. Ahmad Rofiq (Fakultas Syariah dan Hukum) berangkat 14 Juni 2022

Mewakili jamaah haji yang berangkat tahun 2022, Dr. Saminanto menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya dan meminta doa restu agar menjadi haji yang mabrur dan mabrurah.
“Saya mewakili teman-teman yang berangkat meminta maaf apabila selama bergaul dan berteman banyak salahnya,” ucap Saminanto.

Acara dilanjutkan dengan musafahah atau salam-salaman dan diiringi lantunan salawat oleh grup rebana El Bita Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X