11.085 Calon Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Ikuti Seleksi Jalur UM-PTKIN

UIN Walisongo Online; Semarang – Sebanyak 11.085 calon Mahasiswa UIN Walisongo Semarang mengikuti ujian Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2022. Kegiatan SSE digelar secara daring selama empat hari, Selasa-Jumat (14-17/6/2022).
Pada pelaksanaan seleksi hari pertama, Menteri Agama Republik Indonesia H Yaqut Cholil Qoumas melaksanakan Monitoring dan Evaluasi secara daring. Beliau menyatakan bahwa popularitas PTKIN dikalangan siswa SMA semakin meningkat dibandingkan dengan Perguruan tinggi umum.

“Berdasarkan data yang ada, pendaftar PTKIN semakin meningkat setiap tahun,” ujar beliau.

“Saya berharap PTKIN akan menjadi destinasi calon mahasiswa, bukan hanya sebagai alternatif,” lanjutnya.

Rektor UIN Walisongo Semarang sekaligus Ketua Panitia SPAN-UM PTKIN Prof Dr Imam Taufiq MAg menyatakan bahwa pelaksanaan SSE UMPTKIN tahun ini mengalami tranformasi dibandingkan tahun sebelumnya.

Terdapat inovasi dari segi tampilan, fitur hingga jenis soal.
“Selain menilai akademik calon mahasiswa, SSE tahun ini juga mengevaluasi wawasan kebangsaan dan moderasi beragama. Hal ini diharapkan menjadi salah satu wadah untuk memberi pemahaman calon mahasiswa pada ideologi yang benar,” ujarnya.

“Dari segi fitur, sistem pengawasan SSE UMPTKIN merekam secara visual dan audio disekitar peserta ujian sehingga dapat mengurangi potensi-potensi kecurangan yang dilakukan oleh peserta,” lanjutnya.

Secara khusus, Panitia Lokal UIN Walisongo Semarang melaksanakan tugas pengawasan pelaksanaan SSE di Gedung ICT Kampus III UIN Walisongo Semarang. Kehadiran pengawas selain untuk memastikan tidak adanya kecurangan dalam pelaksanaan ujian, juga membantu peserta SSE yang mengalami kendala selama melaksakan Ujian.
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr Achmad Arief Budiman M.Ag yang juga merupakan ketua Panitia Lokal UIN Walisongo Semarang menyatakan bahwa secara umum pelaksanaan SSE UMPTKIN di UIN Walisongo Semarang pada hari pertama berjalan dengan lancar.

“Sebanyak 94% peserta yang terjadwal pada hari pertama mengikuti ujian tanpa mengalami kendala yang berarti,” ujar Arief.

Sejalan dengan hal tersebut, Dr Abdul Mukti Bisri, Kasi Mutu Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia yang melakukan monitoring dan evaluasi secara langsung di UIN Walisongo Semarang mengungkapkan bahwa panitia lokal UIN Walisongo sangat profesional.

“Panitia lokal UIN Walisongo Semarang sangat profesional dalam menjalankan tugasnya. Hal ini dapat dilihat dari kelengkapan administrasi hingga pelayanan terhadap calon mahasiswa disabilitas yang hadir di lokasi,” ungkapnya.

Dr Abdul Mukti Bisri, Kasi Mutu Akdemik Tinjau Peserta Ujian Berkebutuhan Khusus Di UIN Walisongo

Selanjutnya, hasil seleksi Jalur UMPTIN akan diumumkan tanggal 30 Juni 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X