Ingin Jadi Lembaga Kredibel, WHC-LPH UIN Walisongo Adakan Kerja Sama dengan SIG

UIN Walisongo Online, Bogor, Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) UIN Walisongo Semarang lakukan kerja sama dengan PT. Saraswanti Indo Genetech (SIG) Laboratory, Kamis (16/6/2022). Penanda tanganan Memorandun of Understanding (MoU) dilakukan di SIG bersama RB Ernesto Arya, General Manager, Adi Suprianta, Sales Manager, sedangkan dari LPH diwakili langsung oleh Direktur Walisongo Halal Center (WHC), Dr. Malikhatul Hidayah, S.T., M.Pd., Ketua LPH UIN Walisongo, Dr. Atik Rahmawati, S.Pd., M.Si bersama tim kerja sama.

Sebelum dilakukan MoU, rombongan LPH UIN Walisongo diajak keliling ke beberapa laboratorium bersama koordinator Lab. Kimia dan mikrobiologi. Pihak SIG menjelaskan dengan detail fungsi serta kondisi dari masing-masing laboratorium.

SIG merupakan laboratorium pengujian yang sudah terakreditasi ISO/IEC 17025 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk ruang lingkup GMO (Genetically Modified Organism). Beberapa kegiatan dari laboratorium ini adalah menerima pengujian pangan dan pakan, kevantikan dan produk perawatan, farmasi, dll.

“Kami siap melayani dan memfasilitasi kebutuhan pengujian bahan maupun produk untuk proses sertifikasi halal. Tak hanya itu, kami juga menerima pengujian lain untuk riset dosen dan mahasiswa,” ungkap general manager SIG.

Melihat itu, LPH UIN walisongo merasa memiliki tugas yang selaras, yakni sebagai Lembaga pemerika halal dari suatu produk, LPH harus mempunyai kapasitas pengujian komposisi produk untuk mengetahui kelayakan dan kehalalan dari produk yang diperiksa.

“Kerjasama ini sangat penting dan strategis bagi LPH sebagai Lembaga pemeriksa yang kredibel dan dapat dipertanggung jawabkan, sehingga harapannya Lembaga ini mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan pelaku usaha karena mendapatkan hasil pemeriksaan yang valid,” jelas ketua LPH.

Lebih lanjut, direktur WHC juga memiliki harapan yang tak jauh beda dengan ketua LPH UIN Walisongo di bawah naungannya.

“Kerjasama ini tentunya akan memberikan kebermanfaatan bagi kedua belah pihak. Kelengkapan alat uji laboratorium SIG memenuhi kebutuhan ruang lingkup pemeriksaan LPH UIN Walisongo,” tutur malikhatul Hidayah.

Kedepannya, Direktur WHC berharap dengan adanya kerja sama ini, SIG bersama LPH UIN walisongo bisa bersinergi melayani proses sertifikasi halal untuk masyarakat Jawa Tengah. (Hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *