810 Calon Mahasiswa Masuk di UIN Walisongo Jalur SBMPTN Tahun 2022

UIN Walisongo Online, Semarang – Sebanyak 810 siswa dari berbagai daerah di Indonesia dinyatakan memenuhi syarat atau lolos memasuki Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang tahun ajaran 2022-2023. Ratusan siswa tersebut lolos melalui jalur Seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022.

Dalam SBMTPN Tahun 2022, UIN Walisongo mengikutsertakan 11 program studi dari 6 fakultas. 11 program studi yang ditawarkan antara lain teknologi informasi, gizi, kimia, fisika, biologi, ilmu hukum, ilmu politik, sosiologi, manajemen, matematika, dan psikologi.

“Hari ini kami mengumumkan ada 810 calon mahasiswa yang dinyatakan lulus. Kepada mereka yang lolos, kami ucapkan selamat bergabung di UIN Walisongo Semarang,” ujar Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. M. Mukhsin Jamil, M.Ag, dalam keterangannya, Kamis, 23 Juni 2022.

UTBK-SBMPTN adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang dilakukan melalui sistem tes atau ujian tulis. Seleksi ini bisa diikuti oleh lulusan pendidikan menengah atas dan lulusan paket C 2020, 2021, atau 2022, dengan maksimal usia 25 tahun per 1 Juli 2022.

Prof Mukhsin Jamil, menjelaskan, dari 810 peserta yang dinyatakan lolos, mereka dinyatakan masuk ke dalam 11 program studi. Mereka yang dinyatakan masuk telah berhasil menyisihkan ribuan siswa lainnya yang menyatakan minatnya masuk di UIN Walisongo.

Rinciannya, yaitu prodi Biologi sebanyak 75 orang, prodi fisika sebanyak 11 orang, prodi gizi sebanyak 54 orang, prodi ilmu hukum sebanyak 113 orang, prodi ilmu politik sebanyak 88 orang, prodi kimia sebanyak 32 orang, prodi manajemen sebanyak 72 orang, prodi matematika sebanyak 48 orang, prodi psikologi sebanyak 85 orang, prodi sosiologi sebanyak 181 orang, prodi teknologi informasi sebanyak 51 orang.

“Jumlah penerimaan di SBMPTN ini meningkat dari tahun 2021 lalu. Pada tahun lalu, kami menerima 366 orang. Saat ini, kami menerima 810 orang,” tambahnya.

Koordinator Sub Bagian Humas UIN Walisongo Semarang, Hj. Astri Amanati Budiningtyas, S.Sos, menambahkan, kepada para calon mahasiswa yang diterima untuk mengecek di situs LTMPT (ltmpt.ac.id). Setelah dinyatakan masuk proses registrasi untuk mengunjungi datadiri.walisongo.ac.id.

“Pengumuman resmi LTMPT pukul 3 sore ini,” tambah Astri.
Dijelaskan Astri, setelah dinyatakan lolos masuk ke UIN, para pelamar diwajibkan untuk terus memantau informasi di website resmi UIN Walisongo, di www.walisongo.ac.id dan pmb.walisongo.ac.id. Tata cara dan proses registrasi mahasiswa baru  jalur SBMPTN tahun 2022 dapat diunduh melalui tautan ini.

“Ada pengumumannya. Silahkan untuk mencermati lewat website UIN Walisongo atau lewat akun media sosial UIN Walisongo,” tambahnya. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X