HUT RI Ke-77: UIN Walisongo Gelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih

UIN Walisongo Online, Semarang – Sivitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo menggelar kegiatan upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Kegiatan dilaksanakan di lapangan rektorat pada Rabu, (17/8/2022), diikuti oleh segenap keluarga besar UIN Walisongo.
Bertindak sebagai inspektur upacara, Rektor UIN Walisongo Prof Dr Imam Taufiq, M Ag menegaskan kegiatan ini sebagai penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan Indonesia. Kegiatan upacara secara langsung ini dilaksanakan setelah dua tahun dinonaktifkan karena pandemi Covid-19.
“Upacara pengibaran bendera ini sebagai simbol bentuk penghormatan kepada para pahlawan Indonesia. Inilah yang bisa kita lakukan untuk bangsa.” Ungkap Rektor.
Peran seluruh elemen masyarakat di tengah krisis dan tantangan global bergotong royong sangatlah diperlukan untuk tatanan kehidupan yang lebih baik pasca pandemi.
Tema Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini adalah “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Rektor mengungkapkan UIN Walisongo sebagai salah satu institusi dan lembaga pendidikan telah melakukan upaya percepatan pemulihan kondisi Indonesia, salah satunya dengan menyelenggarakan perkuliahan tatap muka 100% dan optimalisasi sarana prasarana pendidikan.
Indonesia, tutur Prof Imam semakin mendapatkan kepercayaan di dunia internasional. Hal ini ditunjukkan dengan kepercayaan mendapatkan presidensi G20, perkumpulan negara-negara dengan ekonomi terkuat di dunia.
Rektor berharap nilai-nilai Pancasila dapat terejawantahkan dalam kehidupan sehari-hari dalam upaya visi konsolidasi universitas riset, seminar-seminar implementasi kampus merdeka, dan komitmen kinerja yang baik.
“Nilai-nilai Pancasila semoga bisa menjadi refleksi kehidupan sehari-hari kita. Disiplin dan komitmen sebagai implementasi visi konsolidasi universitas riset.” Pungkas Rektor. (HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *