Perluas Kerja Sama, UIN Walisongo Terima Kunjungan Pemkab Kaimana, Papua Barat

UIN Walisongo Online, Semarang – UIN Walisongo kembali meluaskan jaringan kerja samanya. Kali ini UIN Walisongo menerima kunjungan rombongan dari Pemerintah Kabupaten Kaimana, Papua Barat pada Selasa, (18/10/2022) di Ruang Sidang Senat Rektorat UIN Walisongo.

 

Rombongan Pemkab Kaimana dikomandoi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kaimana, Drs Donald Raimond Wakum dan beranggotakan stakeholder di berbagai bidang. Diantara yang turut hadir adalah Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Sekretaris Dinas Kesehatan, Kepala Bagian Kesra, Kepala Bagian Protokoler, Anggota DPRD, Ketua MUI, dan Sekretaris MUI.

 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr Arief Budiman menuturkan hingga saat ini ada kurang lebih 24.000 mahasiswa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Tidak hanya dari Indonesia, mahasiswa UIN Walisongo juga berasal dari mancanegara. Jumlah yang cukup banyak dan membuka peluang agar ada mahasiswa dari Kaimana yang menuntut ilmu di UIN Walisongo.

 

“Kami membuka seluas-luasnya kerja sama kita di berbagai bidang. Salah satunya adalah beasiswa untuk putera dan puteri daerah. Karena pada akhirnya alumni akan kembali ke daerah masing-masing untuk mengembangkan daerahnya agar lebih maju dan sejahtera.” Ungkap Wakil Rektor III.

 

UIN Walisongo juga, lanjut Dr Arief memiliki mediation center yang menangani di bidang mediasi konflik. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk membuka kerja sama di bidang lain. Semua lembaga-lembaga yang ada juga dapat diberdayakan, termasuk program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang tahun lalu sudah dilaksanakan di Papua dengan tajuk KKN Nusantara.

 

 

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Kaimana, Donald Wakum membeberkan maksud tujuan rombongan datang ke UIN Walisongo adalah untuk bersilaturahmi dan tentunya memperkuat kerja sama.

 

Menurut Donald, kerja sama yang dibangun ini sesuai visi Kaimana yaitu: mewujudkan Kabupaten Kaimana yang adil, maju, dan sejahtera. Didukung juga dengan misi Kaimana salah satunya mengoptimalkan kebutuhan dasar masyarakat di bidang pendidikan dan kesehatan.

 

“UIN Walisongo ini besar, memiliki kemampuan, kapasitas, dan kapabilitas yang mumpuni untuk menunjang visi dan misi kami. Tentunya melalui skema kerja sama. Kami harap pertemuan ini bisa bersambung dan ditindaklanjuti dalam kerja sama di bidang-bidang yang lebih luas.” Tutup Donald Wakum.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi audiensi dan pembahasan ruang lingkup kerja sama antara kedua belah pihak.

 

*HUMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *