Dapatkan Sertifikat Akreditasi, LPH UIN Walisongo Siap Ciptakan Ekosistem Halal

UIN Walisongo Online, Jakarta – Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang telah menerima sertifikat akreditasi dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Rabu (26/10/2022) di hotel Mercure Cikini, Jakarta.

Kepala BPJPH, Muhammad Aqil Irham merasa bahagia, karena  dengan bertambahnya jumlah LPH yang bersertifikasi, tentunya akan semakin membantu kebutuhan masyarakat yang memiliki UMKM untuk diperiksa kehalalannya.

“Alhamdulillah dengan bertambahnya jumlah LPH yang sudah terakreditasi, tentunya masyarakat akan lebih mudah terlayani dalam pemeriksaan kehalalan produknya. Tak hanya itu, dalam setahun ini terdapat 30 LPH yang terakreditasi dan tujuh diantaranya berasal dari PTKIN”, terang Aqil.

Dalam penerimaan sertifikat akreditasi, LPH UIN Walisongo Semarang diwakili oleh Wakil Rektor bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Dr. Abdul Kholiq, M.Ag dan ketua LPH, Dr. Atik Rahmawati, S.Pd, M.Si. sertifikat diserahkan oleh kepala BPJPH didampingi Plt Sekretaris BPJPH Chuzaemi Abidin, Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH, serta Plt Kepala Pusat Kerja Sama dan Standardisasi BPJPH Sidik Sisdiyanto.

“semoga dengan diterimanya sertifikat akreditasi ini, LPH UIN Walisongo bisa lebih berperan aktif membantu UMKM untuk mendapatkan sertifikasi halal, khusunya bagi pelaku usaha di jawa tengah”, tutur Abdul Kholik.

Sesuai dengan UU Nomor 33 tahun 2004 tentang jaminan produk halal, keberadaan LPH memiliki peran penting dalam penyelenggaraan Jaminan Produk halal (JPH). Untuk memenuhi kebutuhan program 10 juta produk bersertifikat halal di tahun 2022, PTKIN turut berperan untuk mensukseskan program tersebut.

Ketua LPH UIN Walisongo menyatakan dengan SDM auditor halal yang memadahi dan didukung dengan fasilitas laboratorium yang mumpuni, LPH UIN Walisongo siap menjadi lembaga yang melayani kebutuhan masyarakat dalam pemenuhan sertifikasi halal.

“Saya berharap, kedepannya LPH UIN Walisongo bisa menjadi salah satu lembaga yang menciptakan ekosistem halal dan menjadi rujukan bagi pelaku usaha untuk mensertifikasi halal produknya”, jelas Atik Rahmawati.

Lebih lanjut, Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag turut bangga atas pencapaian Walisongo Halal Centre (WHC) dan LPH UInWalisongo.

“Selamat untuk LPH UIN walisongo, dengan diprolehnya sertifikat akreditasi ini, saya harap LPH bisa bekerja dengan maksimal dalam memenuhi kebutuhan masyarakat membantu suksesnya program 10 juta produk bersertifikat halal”, terang Rektor.

Humas Walisongo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *