Empat Bulan di Universitas Vienna Austria, Tiga Delegasi UIN Walisongo Ngaji Empirical Studies dan Multiculturalism

 

UIN Walisongo Online, Vienna – Awal Oktober lalu, Luthfi Rahman (Dosen Agama dan Teori Sosial), Moch Maola Nasty Gensehawa (Dosen Antropologi) dan Nurul Uzdhma Tastia (Mahasiswi Pascasarjana) tiba di University of Vienna. Mereka akan menetap di Wina Austria selama kurang lebih 4 bulan, dari Awal Oktober 2022 hingga akhir Januari 2023 mendatang untuk ngaji tentang empirical studies dan juga riset mengenai multikulturalisme dalam konteks Eropa, khususnya di Wina Austria.

 

Program short course yang diikuti oleh tiga delegasi UIN Walisongo ini merupakan kesinambungan dari program penelitian empiris mengenai Pendidikan Agama Islam dan Multikulturalisme yang telah berlangsung sejak bulan April 2022 di Semarang. Pada April hingga Juni 2022, Ednan Aslan – yang merupakan Professor di Departemen Islamic Theological Studies Universitas Vienna – menjadi dosen tamu sekaligus melakukan riset dan kunjungan ke sejumlah Sekolah Menengah Negeri (SMA maupun SMP) di Jawa Tengah dan Khususnya Semarang untuk mengetahui tentang efek pendidikan agama, serta kaitannya dengan kehidupan keberagamaam dan pemahaman serta sikap multicultural para siswa.

 

Sebagai informasi, keberlanjutan dari komitmen kerjasama dan kolaborasi internasional UIN Walisongo dan University of Vienna, Departemen of Islamic Theological Studies Universitas Vienna menyetujui untuk mengundang tiga delegasi hasil dari seleksi ketat Program Pascasarjana dan International Office UIN Walisongo untuk mengikuti short course tentang riset di Universitas Vienna selama beberapa bulan di musim gugur – musim dingin ini (Oktober 2022 – Januari 2023).

 

Dalam program ini, mereka juga akan terlibat dalam visiting lecturer dimana para delegasi dosen akan menyampaikan hasil riset individualnya. Serta, di penghujung program riset ini, mereka akan diminta mempresentasikan projek penelitian bersama mereka di depan dosen dan mahasiswa di University of Vienna.

(udzhma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *