Wisuda 609 Mahasiswa, Rektor Minta Alumni Kompetitif dan Akseleratif

UIN Walisongo Online, Semarang – Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Dr Imam Taufiq, M Ag mewisuda 609 mahasiswa pada Wisuda periode November 2022. Acara dikemas dalam acara Sidang Senat Terbuka Universitas Islam Negeri Walisongo: Wisuda Doktor (S3) ke-29, Magister (S2) ke-53, Sarjana (S1) ke-86. Acara digelar di Auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo Semarang pada Selasa, (8/11/2022).

609 wisudawan terdiri dari 4 orang Doktor, 25 orang Magister, dan 580 orang Sarjana.

Rektor mengungkapkan tantangan dunia kerja yang semakin dinamis. Berangkat dari hal itu pendidikan tinggi ditutuntut untuk menyiapkan generasi yang fleksibel, kompeten, dan kompetitif.

Setidaknya ada tiga model tren yang muncul dalam dunia kerja di era sekarang. Model kerja jarak jauh atau remote working. Semua pekerjaan dikerjakan secara fleksibel dan tidak harus datang ke tempat kerja

Model kedua yaitu digital transaction. Hampir setiap hari transaksi virtual dilakukan oleh masyarakat. Yang terakhir adalah mulai beralihnya tenaga fisik menjadi non-fisik. Tenaga manusia mulai tergeser oleh teknologi.

“Hari ini kita harus menatap ke masa depan. Tantangan dunia kerja dengan berbagai macam dinamika, harus disikapi dengan akselerasi yang cepat dan kompetitif,” ungkap Rektor.

Lebih lanjut, Rektor mengapresiasi prestasi akademik mahasiswa yang diwisuda hari ini. 64% atau 387 dari 609 orang yang diwisuda lulus tepat waktu.

“Ini luar biasa. Afirmasi dengan tidak meninggalkan kualitas, para mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dengan baik dan tepat pada waktunya,” lanjut Prof Imam Taufiq.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Prof Dr Mukhsin Jamil, M Ag menjelaskan dengan diwisudanya 609 mahasiswa, maka sejak berdiri UIN Walisongo Semarang sejak 1970 telah meluluskan 374 Doktor, 1939 Magister, 43353 Sarjana, 1371 Ahli Madya, dan 105 Ahli Muda.

Dari segi capaian prestasi akademik, mahasiswa program Doktor secara umum Cumlaude dengan IPK rata-rata 3.78, program Magister secara umum Sangat Memuaskan dengan IPK rata-rata 3.69, dan program Sarjana secara umum Cumlaude dengan IPK rata-rata 3.65.

“Kami laporkan kepada Bapak Rektor dan hadirin sekalian Wisuda periode November 2022 ini meluluskan 609 mahasiswa dengan prestasi yang baik.” Ucap Prof Mukhsin dalam paparannya.

 

*HUMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *