Perpustakaan UIN Walisongo Gelar Online Research Skill Bagi Mahasiswa Baru

UIN Walisongo Online, Semarang – Perpustakaan dengan segala fasilitas dan layanan yang tersedia tentunya akan dimanfaatkan secara optimal apabila pemustakanya mampu menggunakan dan memanfaatkannya secara optimal pula. Kemampuan pemustaka dalam memanfaatkan perpustakaan merupakan dasar yang amat penting dalam mencapai keberhasilan pendidikan. Namun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak pemustaka di perguruan tinggi khususnya mahasiwa baru yang belum mengetahui fasilitas, layanan serta cara mengakses informasi dengan baik dan benar. kebanyakan dari mereka mengetahui perpustakaan hanya sebagai tempat membaca atau meminjam buku saja, namun dibalik itu semua banyak layanan dan fasilitas yang bisa dimanfaatkan.

Maka dari itu, Perpustakaan UIN Walisongo mengadakan kegiatan Online Research Skill bagi Mahasiswa Baru angkatan 2022. Kegiatan ini diadakan setiap hari Rabu dan Sabtu Tanggal 14 September-12 November 2022 jam 09.30-11.00 dengan pemateri dari pustakawan dan dosen.

Setiap pertemuan terdiri dari dua sesi masing-masing bertempat di Ruang Teater, lantai 4, Ged. Library and ICT Center serta Hall Amcor, lantai 2, Ged. Perpustakaan lama dengan kuota setiap ruang sebanyak 75 orang. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 sebanyak 2660 orang.

Online Reserch Skill ini bertujuan agar mahasiswa baru dapat memanfaatkan layanan dan fasilitas secara optimal serta dapat mengakses informasi secara tepat dan benar. Materi yang disampaikan oleh narasumber diantaranya yaitu pemustaka dijelaskan mengenai fasilitas perpustakaan, jenis-jenis koleksi, tata tertib, cara mengakses informasi yang tepat, layanan perpustakaan yang terdiri terdiri dari peminjaman dan pengembalian mandiri, layanan referensi, penulusan OPAC, repositori perpustakaan/ eprints, layanan informasi berbasis wa/wa bot, buku elektronik/walisongo elibrary, pelatihan soft skill bagi mahasiswa, database journal, layanan corner, peminjaman ruang privat dan diskusi, serta praktek langsung bagaimana cara mengakses informasi di peprustakaan.

Setelah menyampaiakan materi, narasumber juga membuka sesi tanya jawab berikut pesan dan kesan. Bagi peserta yang mengikuti kegiatan Online Research Skill akan diberikan fasilitas berupa e-sertifikat yang akan dibagikan setelah semua kegiatan selesai dengan syarat mengisi daftar hadir online yang sudah dibagikan di awal.

*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *