Kerjasama dengan UIN Walisongo, SMP Sabilurrasyad Kendal Raih Adiwiyata Terbaik

UIN Walisongo Online, Kendal- SMP Sabilurasyad Kendal menerima penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Terbaik Pertama Tingkat Kabupaten Kendal Tahun 2022 setelah sebelumnya dilakukan penilaian oleh Tim Assessor Sekolah Adiwiyata Kabupaten Kendal.

Penghargaan diberikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal, Aris Irwanto, S.Sos., M.Si kepada Kepala Sekolah SMP Sabilurrasyad, Adi Ismanto, S.Pd, Jum’at (09/12/2022) di Aula DLH Kabupaten Kendal.

Penghargaan Sekolah Adiwiyata merupakan penghargaan bagi sekolah yang unggul dalam implementasi program pengelolaan lingkungan hidup. “Kami memberi apresiasi kepada sekolah-sekolah yang memiliki komitmen kuat dan unggul dalam implementasi program pengelolaan lingkungan hidup di sekolah, baik dari sisi perencanaan lingkungan maupun program-program nyata yang dilakukan”, kata Aris

Irwanto dalam sambutan penyerahan penghargaan.
Kepala Sekolah SMP Sabilurrasyad, Adi Ismanto, saat menerima penghargaan mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi yang membanggakan bagi SMP Sabilurrasyad dan keluarga besar Pondok Pesantren Sabilurasyad.

“Kami berterima kasih atas penghargaan ini, ini apresiasi yang membanggakan bagi kami, tidak hanya kepada SMP Sabilurrasyad, tetapi juga keluarga besar Sabilurrasyad secara keseluruhan, termasuk Pondok Pesantren Sabilurrasyad. Kami berharap terus berkontribusi pada pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dimulai dari sekolah”, katanya.

Ketua yayasan PP Sabilurrasyad, dr. Hj. Susmeiati, Sp.KK, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan ini. “Kami bersyukur, ini merupakan penghargaan yang membanggakan bagi SMP Sabilurrasyad. Kami berterima kasih kepada DLH Kabupaten Kendal atas penghargaan ini, dan juga kepada UIN Walisongo Semarang yang telah membimbing dan mendampingi kami bagaimana pengelolaan lingkungan pada dunia pendidikan”, kata Bu Susi, panggilan akrabnya.

Secara terpisah, Sekretaris Prodi Teknik Lingkungan, Dr. Ling. Rusmadi, M.Si, menyampaikan bahwa Pesantren Sabilurrasyad adalah salah satu contoh bagaimana komitmen lingkungan diwujudkan secara terintegrasi, baik dalam pesantren maupun dalam sekolah.

“Adiwiyata bukan semata-mata ajang untuk mencari peringkat, yang utama tentu saja adalah bagaimana green pesantren betul-betul dapat menjadi karakter santri dan siswa Sabilurrasyad. Akan tetapi dengan diperolehnya penghargaan Adiwiyata ini menunjukkan bahwa kita punya keunggulan dalam pengelolaan lingkungan. Semoga ini memotivasi para guru dan santri untuk terus berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan”, tandas dosen ilmu lingkungan yang juga Tim WeGreen UIN Walisongo ini.

SMP Sabilurrasyad merupakan bagian dari Pondok Pesantren Sabilurrasyad.

Selain SMP, pesantren ini juga mengelola SMK Sabilurrasyad yang membuka Program Tata Busana dan Program Multimedia. Pondok Pesantren Sabilurrasyad adalah salah satu pesantren yang telah dikelola secara berkelanjutan melalui program Green Pesantren Sabilurrasyad (GPS).

Program ini merupakan kerjasama dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. Beberapa program pendampingan telah dilakukan oleh para dosen dari Prodi Biologi dan Prodi Teknik Lingkungan, baik berupa pelatihan dan workshop, maupun asistensi manajemen pengelolaan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *