204 Mahasiswa KKN MIT Ke-15 Siap Mengadi di Kecamatan Patebon Kendal

UIN Walisongo Online, Kendal – Pemerintah Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal menerima Penyerahan Mahasiswa KKN MIT ke 15 pada (11/1/2023) dilaksanakan di Halaman Kantor Kecamatan Patebon. Kegiatan diawali dengan upacara penyerahan mahasiswa yang diikuti oleh seluruh mahasiswa KKN MIT 15 UIN Walisongo. Penyerahan Mahasiswa KKN dilakukan oleh Kepala Pusat Pengabdian LP2M UIN Walisongo Dr.M.Rikza Chamami,M.S.I. dan dilanjutkan penerimaan mahasiswa KKN oleh Camat Patebon Abdul Mufid, S.H., M.M., Kepala Kepolisian Sektor Patebon Akp.Miyardi, S.H. dan Komandan Rayon Militer Patebon Kapten Sardi. Sebanyak 204 Mahasiswa KKN berlokasi di 16 posko yang tersebar di Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal Untuk menjalankan KKN dengan Tema”Penguatan Sumber Daya Masyarakat Masyarakat, Kembali pulih cepat dan bangkit lebih kuat”. Program Utama dalam KKN MIT-15 berfokus pada pemberdayaan dan pendampingan masyarakat dibidang pendidikan, keagamaan, kesehatan, ekonomi kreatif, kesetaraan gender, moderasi beragama serta cinta lingkungan.
Camat Patebon Abdul Mufid, S.H., M.M. menyampaikan dalam sambutannya,
“ Saya berharap dengan adanya KKN mahasiswa bisa mengaplikasikan pengabdian dalam kehidupan. Pengabdian dengan memberikan edukasi dibidang kesehatan masyarakat dan stunting. Bersama dengan pemerintahan bisa menurunkan angka stunting di Kecamatan Patebon, selain itu melakukan edukasi ke masyarakat dan mengamalkan ilmu yang sudah didapatkan di Universitas agar bisa bermanfaat bagi masyarakat. Kami juga berharap Mahasiswa melakukan pendampingan dan pengembangan terhadap UMKM yang ada di Kecamatan Patebon sehingga perekonomian masyarakat bisa meningkat. ”, ujarnya.
Kepala Kepolisian Sektor Patebon Akp.Miyardi, S.H menyampaikan ,
“Kecamatan Patebon terdiri dari wilayah agraris dan nelayan, Luas dari pantai sampai dataran selatan. Mahasiswa semoga bisasegera beradaptasi dengan masyarakat dan bersinergi serta berkolaborasi sehingga apa yang akan dilaksanakan bisa terlaksana dengan baik. KKN selama 45 hari harapannya ada outcome yang baik dan bisa diterima dan menjadi bekal dikemudian hari. Salah satu Program KKN yang kami harapkan adalah pembinaan akhlak dikalangan pelajar semoga bisa berjalan dengan baik”, ujarnya.
Komandan Rayon Militer Patebon Kapten Sardi menyampaikan,
” Mahasiswa terbuka dengan Kepala Desa dan seluruh pihak, sampaikan ke ada hal yg tidak diinginkan. Sampaikan juga ke warga ilmu yg didapat di UIN Walisongo dan ajarkan ke masyarakatagar bisa menaikan perekonomian warga. Terutama setelah pandemi , sehingga perekonomian masyarakat lebih bangkit dan kehidupan masyarakat bisa mandiri untuk perekonomian. Mahasisw KKN harapannya juga memberikan edukasi terkait akhlak. ”
Selaras dengan Salah satu Mahasiswa KKN MIT ke-15 yaitu Tasya dari Fakultas Sains dan Teknologi berpendapat
“ Sebelum KKN kami sudah ke lokasi untuk melihat potensi desa dan menyusun program yang tepat. Salah satu program utama kami adalah mendampingi digitalisasi UMKM yang ada di Desa Bangunrejo. Desa Bangunrejo memiliki UMKM Batik yang menjadi potensi Desa, maka kami mengadakan pelatihan e-commerce untuk meningkatkan perekonomian desa”, ungkapnya.
Mahasiswa KKN MIT 15 di Kecamatan Patebon tersebar di 16 posko yaitu Desa Bulugede, Desa Margosari, Desa Donosari, Desa Lanji, Desa Kebonharjo, Desa Jambearum, Desa Sukolilan, Desa Bangunrejo, Desa Kumpulrejo, Desa Magersari, Desa Wonosari,Desa Pidodo Wetan, Desa Pidodo Kulon, Desa Bangunsari dan Desa Kartikajaya.

 

**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *