139 Calon Mahasiswa Ikuti Ujian PMB Pascasarjana UIN Walisongo Semarang

UIN Walisongo Online, Semarang – Tes seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo semester ganap 2022-2023 resmi dimulai pada Senin 11 Januari 2023. Total terdapat 139 calon mahasiswa yang mengikuti ujian PMB di Kampus 3 UIN Walisongo Semarang.

PMB semester ganap 2022-2023 dilaksanakan melalui dua sesi, yakni ujian Computer Assisted Test (CAT) dan Tes Wawancara. Seleksi diadakan selama dua hari yaitu, pada hari Rabu dan Kamis tanggal 11 dan 12 Januari 2023.

Sesi pertama terdiri dari tiga kategori yakni: tes potensi akademik (TPA), tes bahasa Inggris (TOEFL) dan tes bahasa Arab (IMKA?), sedangkan sesi kedua, tes wawancara dikaitkan dengan kesiapan proposal Disertasi/Tesis, Ketegasan untuk lulus tepat waktu, dan Skenario biaya perkuliahan oleh calon mahasiswa masing-masin selama kuliah di Pascasarjana UIN Walisongo Semarang.

Khusus bagi yang mengajukan beasiswa tahfizh
harap mengikuti ujian tahfizh pada hari Kamis, 12 Januari 2023.

Tercatat 139 calon mahasiswa baru mengikuti ujian masuk Pascasarjana. Calon mahasiswa tersebut tersebar dalam 9 (sembilan) program studi, yakni: Program Doktor jurusan Studi Islam, Ilmu Agama Islam (IAI), Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Komunikasi dan Penyiaran Islam, Manejemen Pendidikan Islam (MPI), Ekonomi Syariah dan Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Direktur Pascasarjana UIN Walisongo Prof. Dr. H. Abdul Ghofur, M.Ag mengatakan bahwa, calon mahasiswa Pascasarjana UIN Walisongo harus melaksanakan ujian seleksi secara jujur dan memiliki keyakinan dengan dirinya.

“Semoga para calon mahasiswa naru Pascasarjana UIN Walisongo dalam melaksanakan CAT secara jujur dan percaya akan kemampuannya masing masing. Serta jangan lupa memohon doa pada orang tua agar mendapat kemudahan dalam mengerjakan ujian tersebut,” katanya.

Adapun tata tertib ujian seleksi PMB Pascasarjana UIN Walisongo yaitu:

– Seluruh peserta tes wajib mengisi daftar hadir ujian setiap materi ujian, baik IMKA, TOEFL, dan TPA.

– Menunjukkan kartu identitas (KTP/SIM).

– Berpakaian formal, rapi, dan sopan.

-Tidak diperbolehkan memakai head set atau perangkat sejenisnya.

– Suasana di sekitar ujian harus tenang, dan tidak boleh kerjasama.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *